Bekerja dari rumah atau work from home mungkin terdengar menyenangkan. Kamu tidak perlu berpakaian atau dandan rapih untuk bekerja. Namun kenyataannya, bekerja dari rumah membuatmu harus menatap gadget lebih lama.

Tak jarang, kondisi ini dapat memicu masalah pada mata. Seperti mata jadi kering, gatal, sakit kepala di sekitar mata, hingga timbul kemerahan di area mata. Kamu tentu tidak ingin merasakan hal ini saat work from home, bukan?

Nah, agar mata tetap sehat selama work from home, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan!

Istirahat Sejenak

Credit: inspirationfeed.com

Kerja dalam waktu panjang dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit pada mata serta pegal pada leher dan pundak. Oleh karena itu, usahakan untuk beristirahat atau ambil jeda secara berkala.

Istirahat selama 4-5 menit dapat membuat mata jadi rileks dan mengurangi rasa tidak nyaman. Tenang saja, mengambil istirahat sejenak tidak akan menggangu produktivitas kerjamu, kok. Justru, cara ini akan membantumu tetap fokus.

Atur Pencahayaan

Credit: tribunnews.com

Ketika kamu bekerja di kantor, pencahayaan ruangan biasanya sudah diatur sesuai kebutuhan. Sedangkan, ketika work from home kamu cenderung menggunakan pencahayaan apa adanya.

Cahaya yang terlalu terang dapat membuat mata tegang dan menimbulkan rasa sakit. Dan hal ini juga berlaku ketika kamu menggunakan cahaya yang terlalu redup atau gelap.

Posisi Layar

Ccredit: tribunnews.com

Kerja dari rumah memang memungkinkan kamu untk bekerja dimana saja, termasuk sofa atau kasur. Namun, agar mata tidak sakit, sebaiknya letakkan laptop sekitar 30 derajat di bawah garis lurus mata (eye level). Cara ini akan membantu menurunkan tekanan pada mata, dan mencegah rasa sakit pada leher atau pundak karena posisi yang membungkuk.

Filter pada Layar Komputer atau Laptop

Credit: flickr.com

Gunakan filter cahaya pada layar komputer atau laptop untuk membantu mengatur intensitas cahaya. Karena, ketika cahaya pada monitor dan cahaya lingkungan tidak sesuai, dapat menimbulkan rasa sakit pada mata.

Huruf yang Lebih Besar

Credit: suite.booking.com

Gunakan huruf dengan ukuran lebih besar, karena ini dapat mengurangi rasa sakit atau tegang pada mata. Jika ukuran huruf cukup besar, maka kamu tidak harus terlalu fokus pada deretan huruf yang ada pada layar gadget. Cara ini tentu saja akan membantu kamu ketika harus membaca dokumen yang cukup panjang.

Berkedip

Credit: healthline.com

Saat membaca atau mengetik, tanpa disadari seseorang akan jadi jarang berkedip. Rata- rata satu dari tiga orang lupa berkedip saat bekerja, dan mengakibatkan mata jadi gatal, kering, dan mengganggu penglihatan.

Usahakan untuk berkedip lebih sering agar mata tetap lembab dan menghindari gejala mata kering. Kedipkan mata setidaknya 10-20 kali dalam 1 menit.

Olahraga Mata

Credit: consciouslifestylemag.com

Olahraga mata dapat menjadikan otot pada mata jadi lebih kuat dan mencegah penyakit mata seperti miopi dan astigmatisma.

Cukup jauhkan mata dari layar setiap 20 menit sekali. Saat menjauh, fokuskan matamu pada objek sejauh 6 meter selama 20 detik. Cara ini ampuh membuat mata lebih rileks dan mencegah mata lelah.

Nah, selama work from home jangan lupa untuk menerapkan tips- tips di atas ya, agar kesehatan mata tetap terjaga selama kamu bekerja dari rumah.

Stay healthy!

 

Featured Image - herworld.com

Source - cnnindonesia.com