Terkait dengan sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang statusnya sekarang sudah diperpanjang, kamu memang mesti di rumah dulu saja. Tapi hal ini tentu tidak membuat mu terbatas untuk melakukan olahraga, kan?

Beberapa kegiatan olahraga sebenarnya masih bisa kamu lakukan baik di dalam rumah, atau di kompleks lingkungan kamu tinggal. Hal ini terkait dengan tubuh mu yang harusnya tetap aktif bergerak selama PSBB atau physical-social distancing ini berlaku.

 

 

Namun kamu juga mesti memilih nih kegiatan berolahraga yang seperti apa yang bisa kamu jalani. Direkomendasikan tidak memilih jenis olahraga dengan intensitas tinggi ya. Jadi olahraga yang ringan-ringan saja tapi yang membuat tubuh tetap aktif bergerak.

Jalan santai, jogging kecil adalah beberapa olahraga santai yang direkomendasikan di bahasan kali ini. Jalan santai atau jogging kecil, percaya atau tidak bisa membuat tubuh mu tetap bugar dan jelas olahraga ini memicu tubuh meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

 

Menurut Ahli Soal Jalan Santai di Tengah PSBB

Dilansir dari situs CNN Indonesia – Dokter Andi Kurniawan Sp. KO menyatakan selama PSBB atau social-physical distancing tentu banyak orang yang gaya hidupnya sedikit banyaknya berubah. Tidak begitu aktif seperti sebelum pandemi Covid-19.

Hal ini tentu terkait dengan keberadaan mereka yang mesti di rumah saja. Mungkin sebagian hanya menghabiskan waktu dengan duduk-duduk saja atau rebahan. Namun, menurutnya hal ini justru cukup berbahaya bagi mereka.

Dokter Andi menyatakan bahwa jika aktivitas fisik menurun, justru ini merupakan ancaman bagi kesehatan. Menurutnya, banyak penelitian yang menyatakan kalau kurang gerak justru akan beresiko untuk terkena obesitas, kolesterol dan penyakit kronis lainnya.

Oleh karena itu, rekomendasi dari Dokter Andi adalah terus berolahraga dan terus bergerak. Namun seperti yang disebutkan di atas sebelumnya, pilih olahraga dengan intensitas rendah seperti jalan kaki santai adalah yang direkomendasikan.

Menurutnya lagi – kalau melakukan olahraga yang intensitasnya tinggi, dikhawatirkan akan menyebabkan tubuh untuk kehabisan napas dan bahkan lebih mengerikannya lagi malah mendapatkan gangguan pernapasan serta turunnya imunitas tubuh.

Jadi, jalan kaki santai saja. Minimal bisa terekam dalam satu hari 2.000 langkah, nanti meningkat menjadi 3.000 langkah sampai dengan 4.000 langkah. Jika rutin dilakukan, kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Oh iya, ketika melakukan jalan santai ini dan kamu memutuskan untuk melakukannya di luar rumah seperti di lingkungan kompleks kamu tinggal, pastikan kamu tetap menggunakan masker, tidak menyentuh apapun, tidak menyeka keringat secara langsung dan langsung cuci tangan dan baju ketika sudah selesai dan sudah sampai di rumah lagi.

 

Terkait Dengan Bulan Ramadhan

Sudah memasuki bulan Ramadhan, hal ini jelas tidak mengganggu jadwal jalan santai kamu kok. Bahkan, hal ini bisa membuat kamu mempunyai aktivitas tersendiri nih sembari menunggu waktu berbuka. Jalan santai ini bisa jadi kegiatan ngabuburit yang menyenangkan.

Kamu bisa pilih waktu untuk jalan santai. Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya – jalan santai bisa jadi waktu untuk ngabuburit atau menunggu waktu untuk berbuka. Jika ini dilakukan rutin, tubuh akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, lho.

 

 

Untuk mendukung segala aktivitas kamu, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi saat berbuka atau sahur – kamu bisa juga lho mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active! Mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks serta Zinc, kamu akan mendapatkan energi tambahan dan makin lancar untuk melakukan segala aktivitas yang ada!

Nah tunggu apa lagi? Biar puasa semakin lancar, work from home juga tidak ada kendala, jangan lupa untuk konsumsi Enervon Active, ya!

 

Feature Image – sehatQ.com