Saat menghadapi pandemi Covid-19, tak sedikit orang yang mengalami kecemasan. Hal ini wajar terjadi, terutama ketika sedang menghadapi situasi yang tidak menentu. Kecemasan biasanya ditandai dengan timbulnya rasa khawatir dan gelisah secara terus menerus.

Tidaknya dengan olahraga, meditasi, atau berlatih pernapasan, rasa cemas juga dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu.

Apa saja makanan dan minuman yang dapat meredam rasa cemas tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Salmon

Credit: jawapos.com

Salmon sudah dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan otak karena kandungan vitamin D serta asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Selain itu, asam lemak jenis ini juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang dapat mengakibatkan kecemasan.

Mengonsumsi EPA dan DHA dalam jumlah cukup dapat meningkatkan kemampuan otak untuk beradaptasi pada perubahan, serta membantu mengatasi stressor yang dapat memicu rasa cemas.

Sementara, vitamin D berperan untuk meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin yang dapat memberikan rasa nyaman dan tenang.

Chamomile

Credit: caroline-jung.com

Minuman yang satu ini memang sudah dikenal sebagai salah satu peredam kecemasan yang ampuh. Chamomile memiliki aroma yang menenangkan, serta mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengurangi peradangan penyebab timbulnya risiko kecemasan.

Chamomile bisa kamu nikmati dalam bentuk teh, yang bisa kamu minum sebanyak satu sampai empat cangkit setiap harinya.

Kunyit

Credit: jawapos.com

Tak hanya ampuh untuk meningkatkan sistem imun, senyawa curcumin yang terkandung dalam kunyi dapat meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan asam lemak omega-3 DHA di otak.

Selain itu, sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam curcumin juga efektif untuk mencegah kerusakan sel- sel pada otak, dan dapat meredam rasa cemas yang muncul.

 Cokelat Hitam

Credit: eatthis.com

Cokelat hitam mengandung flavonoid, yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke otak, serta meningkatkan kemampuan otak dalam menghadapi situasi yang memicu stress.

Mengonsumsi cokelat hitam juga mampu meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin, yang juga berperan untuk mengurangi rasa cemas dan stress.

Yang perlu kamu ingat adalah, cokelat hitam akan lebih efektif juga dikonsumsi dalam jumlah sedang, sekitar 1-1,5 ons. Hindari mengonsumsi cokelat hitam secara berlebihan, karena kandungan kalori yang cukup tinggi dapat mempengaruhi berat badan.

Yogurt

Credit: cheatsheet.com

Sumber makanan yang satu ini sudah dikenal dengan kandungan probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan, termasuk kesehatan mental! Kandungan probiotik pada yogurt dapat meningkatkan fungsi otak dengan menghambat radikal bebas dan neurotoksin yang dapat merusak jaringan saraf dan menimbulkan rasa cemas.

Teh Hijau

Credit: jawapos.com

Teh hijau merupakan minuman yang mengandung L-theanine, yaitu asam amino yang dapat memberi efek positif dapa kesehatan otak, serta menurunkan kadar stress yang menjadi pemicu kecemasan.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi minuman yang mengandung L-theanine juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon pemicu stress.

Nah, untuk meredam rasa cemas yang kamu rasakan selama pandemi Covid-19, kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah disebutkan, ya. Selain itu, untuk mengurangi rasa cemas, coba batasi konsumsi berita harian, non aktif dari media sosial untuk sementara waktu, atau bahkan mencoba hobi yang selama ini belum sempat kamu jalani.

Mengatasi rasa cemas itu penting, lho. Karena rasa cemas yang berlebihan dapat memicu stress, yang pada akhirnya menurunkan sistem imun tubuhmu. Di masa pandemi ini, sistem imun memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah masuknya virus atau bakteri ke dalam tubuh.

 

Featured Image - medicalnewstoday.com

Source - cnnindonesia.com