Jadi bagaimana nih puasa kamu? Apakah masih semangat dan lancar? Biar di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, ibadah puasa mesti tetap lancar dan semangat ya! Biar makin seru, sore nanti untuk menyiapkan berbuka, di bahasan kali ini ada menu buka puasa yang menyehatkan, lho!

Terkait dengan menu berbuka puasa, biasanya kamu menyiapkan apa nih untuk berbuka? Ada yang mesti kamu ketahui nih kalau menu berbuka puasa, sebaiknya bukan hanya rasanya yang enak, tapi juga mestinya menyehatkan!

 

 

Hal ini tentu mengacu ke kondisi tubuh yang hampir seharian tidak mendapatkan asupan, sehingga kamu butuh makanan dan minuman berbuka yang cocok untuk kondisi tubuh seperti itu. Dilansir dari situs hellosehat.com – dan British Nutrition Foundation, ada beberapa hal yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa.

Seperti banyak cairan, makanan atau minuman yang rendah lemak, serta makanan dan minuman yang mengandung gula alami. Selain tiga hal di atas – yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi dan memang dibutuhkan tubuh adalah vitamin.

Jika dilengkapi dengan vitamin serta mineral, dijamin bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh supaya terus optimal. Oleh karena itu, lengkapi berbuka kamu dengan minum Enervon Active, ya. Multivitamin yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks serta Zinc ini cukup aman untuk dikonsumsi tiap hari, kok.

Hal ini terkait dengan sifat zatnya yang larut di dalam air, mudah diserap oleh tubuh dan zat yang tidak terpakai akan keluar melalui urin. Oh iya, berdasarkan jurnal The Journal of International Medical Research, kombinasi Vitamin C dan Zinc adalah kombinasi tepat untuk pembentukan daya tahan tubuh serta kekebalan tubuh yang optimal!

Nah, bagaimana? Sudah jelaskan kalau kamu butuh multivitamin yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu. daya tahan tubuh yang baik agar terhindar dari paparan virus tersebut! Jangan lupa minum Enervon Active, ya!

Terlepas dari hal di atas – di bawah ini terdapat 4 menu untuk berbuka puasa, yang bisa bantu metabolisme tubuh kamu lancar jaya lagi. Apa saja menu berbuka puasanya? Daripada penasaran, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

4 Menu Buka Puasa yang Sehat!

 

Jus Buah – Jus Alpukat!

credit: caramembuat.id

Boleh jus buah apapun, tapi yang direkomendasikan untuk kamu adalah jus alpukat. Kenapa begitu? Jika ditelisik lebih dalam, buah alpukat sendiri kaya akan Vitamin C dan juga Zinc. Selain itu, buah ini juga mempunyai lemak yang baik serta Vitamin E yang tinggi.

Namun, jika kamu tidak begitu suka dengan buah alpukat – alternatif lainnya adalah stroberi, melon dan tomat bisa jadi menu berbuka kamu. Deretan buah tersebut juga mengandung gula alami yang bisa bantu kamu dapatkan energi lagi.

 

Smoothies

credit: delish.com

Tidak kalah sehat dari jus dan masih berbahan buah-buahan, smoothies jadi menu berbuka puasa favorit buat kamu yang ingin mengembalikan energi dan memastikan daya tahan tubuh kamu terus optimal. Bedanya dengan jus apa ya?

Nah, smoothies selain berbahan baku buah, biasanya bisa ditambahkan dengan sayuran, atau susu cair serta yoghurt. Semua dijadikan satu dan diblender dicampur. Dengan begitu tentu segala kandungan kebaikan yang ada di campurannya jadi menu yang bagus buat bantu kamu jaga daya tahan tubuh!

 

Potongan Buah Segar

Ribet untuk memblender buah serta mencampurkannya dengan bahan lain untuk dijadikan menu berbuka puasa? Tenang – buah potongan juga bisa jadi menu berbuka puasa yang sederhana, sekaligus menyehatkan!

Selain kaya akan vitamin, mineral – buah juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa bantu metabolisme tubuh kamu terus optimal. Oh iya, buah bisa bantu kamu menguasai rasa lapar yang berlebihan sehingga kamu tidak membabi buta saat berbuka nanti, lho!

 

Aneka Sup

credit: selerarasa.com

Yang satu ini adalah menu berbuka puasa yang cukup berbeda dari yang sebelumnya. Kalau sebelumnya sudah yang manis-manis, yang satu ini gurih, lho! Aneka sup bisa jadi menu berbuka kamu yang enak dan tentunya menyehatkan!

Sup termasuk jenis makanan yang mudah dibuat, lho. Rekomendasinya adalah sup ayam, sup sayuran atau sup daging bisa jadi menu berbuka kamu. Kandungan yang ada di dalam sup tentu kompleks, oleh karena itu, kamu akan mudah kenyang!

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah paham menu berbuka puasa yang direkomendasikan di atas? Sudah ada rencana mau bikin yang mana?

 

Feature Image – liputan6.com