Apakah kamu pernah memerhatikan kalau rumah peribadatan seperti masjid, punya gaya tersendiri dalam bentuk bangunannya? Masjid mana saja nih yang menurut kamu unik, dan punya gaya arsitektur tersendiri serta beda daripada yang lainnya?

Gaya arsitektur yang berbeda ini bukan hanya untuk memanjakan mata saja, lho. Tapi pada dasarnya tetap untuk membuat jamaah yang ingin beribadah di dalamnya tetap merasa nyaman dan tentram. Tapi untuk sekarang ini, kamu sepertinya mentaati peraturan pemerintah dulu ya.

 

 

Terkait dengan pandemi Covid-19 yang semoga cepat berakhir ini, masjid yang seharusnya saat bulan Ramadhan seperti ini ramai, menjadi sepi. Hal ini terkait dengan himbauan pemerintah yang untuk sementara ini meniadakan ibadah bersama di masjid.

Semoga pandemi ini cepat berakhir sehingga semua kondisi kembali normal, amin. Nah terlepas dari hal itu, kamu tahu tidak di Indonesia ini – banyak tersebar bangunan masjid dengan gaya arsitektur yang unik, lho. Bahkan ada yang mirip dengan Taj Mahal di India. Penasaran di mana saja? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Masjid Raya Baiturrahman – Aceh

credit: merahputih.com

Aceh, kota yang dijuluki Serambi Mekah ini memang menyimpan berbagai keindahan. Salah satunya adalah gaya arsitektur Masjid Raya Baiturrahman di sana yang sekilas mirip dengan Taj Mahal yang ada di India.

Saking indahnya, masjid ini mampu menarik banyak traveler dari berbagai penjuru untuk melihat keindahannya secara langsung, lho. Selain memang indah – masjid ini nyaman sekali untuk digunakan beribadah.

 

Masjid Agung Tuban – Jawa Timur

credit: qoobah.co.id

Kalau di Aceh untuk Masjid Raya Baiturrahman memiliki konsep arsitektur yang mirip dengan Taj Mahal di India, beda lagi nih untuk Masjid Agung Tuban yang ada di Jawa Timur. Mempunyai warna yang cerah dan banyak macamnya, masjid ini ternyata mengusung tema yang berbeda!

Masjid Agung Tuban di Jawa Timur ini mengusung tema 1001 malam. Artinya, masjid ini seperti masjid di cerita-cerita dongeng zaman dahulu, lho. Warna-warna yang cerah dan bermacam-macam ini memang menarik perhatian tersendiri!

 

Masjid Ramlie Musofa – Jakarta Utara

credit: okezone.com

Kota Jakarta sebagai kota metropolitan tentu tidak ingin ketinggalan, nih. Bukan Masjid Istiqlal yang sudah terkenal – di kawasan Jakarta Utara terdapat bangunan masjid yang sangat unik, nih. Bergaya mewah dan klasik, Masjid Ramlie Musofa berdiri pada tahun 2011 silam.

Masjid yang satu ini didominasi dengan warna putih yang bersih, sehingga benar-benar mengesankan banyak pengunjung yang datang ke sana untuk beribadah. Berada di pinggir danau daerah Sunter Jakarta Utara, jika pandemi ini sudah selesai, boleh lho kamu berkunjung ke sana!

 

Masjid Agung Semarang

credit: beritainspiratif.com

Kalau beberapa masjid di atas dibangun dengan gaya arsitektur yang klasik – beda konsep nih dengan Masjid Agung Semarang. Masjid yang satu ini dibangun dengan gaya futuristik dan mengambil konsep bangunan Jawa dan Yunani!

Di Masjid Agung Semarang ini, terdapat payung hidrolik raksasa yang bisa menutup dan membuka secara otomatis. Wah keren sekali bukan?

 

Masjid Al-Irsyad – Bandung

credit: gomuslim.co.id

Masjid terakhir yang dinilai unik adalah salah satu masjid yang berada di Bandung. Masjid Al-Irsyad ini masuk ke salah satu masjid dengan bangunan yang unik dikarenakan oleh konsep bangunannya yang minimalis.

Siapa dulu yang merancangnya? Arsitek Masjid Al-Irsyad ini adalah Bapak Ridwan Kamil, lho. Pada tahun 2010, masjid ini mendapatkan FuturArc Green Leadership Award. Wah hebat sekali ya!

 

 

Jadi bagaimana nih? Jika pandemi Covid-19 ini sudah selesai, kira-kira masjid yang mana dulu nih yang akan kamu kunjungi?

 

Feature Image – qoobah.co.id