Selama masa pandemi Covid-19, sebagian besar perusahaan menerapkanNamun sayangnya, ada berbagai gangguan yang mungkin muncul ketika kamu mulai bekerja di rumah.

Selain itu, saat work from home, kamu juga cenderung lebih sering memeriksa email, bahkan hingga di luar jam kerjamu. Jam kerja terasa tak kunjung selesai, jika bekerja di rumah.

Mengutip Huffington Post, agar kamu tidak merasa terjebak dalam pekerjaan ketika work from home, berikut ini 5 tips kerja sehat dan efisien yang bisa diterapkan.

 Credit: metro.tempo.co

Memilih Tempat

Agar kerjamu tetap efisien selama work from home, usahakan untuk memilih bekerja di ruangan yang tidak akan kamu gunakan untuk istirahat atau tidur. Hal ini akan membuatmu merasa berhak untuk dapat pergi ke kamar tidur dan beristirahat setelah selesai bekerja.

Selain itu, hindari untuk bekerja di kamarmu. Karena, dengan cara ini tubuhmu jadi tahu kapan harus beristirahat dan kamu tidak memikirkan hal- hal lain seperti pekerjaan ketika berada di kamar tidur.

Lakukan Aktivitas Harian

Selama work from home, cobalah untuk tetap melakukan akvitias dan rutinitas seperti ketika kamu bekerja di kantor. Memiliki rutinitas kerja yang baik, memungkinkanmu untuk selesai kerja lebih cepat.

Tak hanya itu, lakukan kegiatan sederhana seperti merapihkan tempat tidur dan ruang kerja, membuka tirai ruangan agar cahaya dapat masuk, sarapan, olahraga, serta mandi dan menggunakan pakaian rapih. Hal ini dapat membuat pikiranmu jadi lebih jernih, tak mudah jenuh atau lelah dan semangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Agar kamu tak mudah lelah meskipun bekerja di rumah, konsumsi multivitamin Enervon Active dua kali sehari. Kandungan non-acidic vitamin C, vitamin B Kompleks, dan Zinc nya dapat membantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tak mudah lelah ketika beraktivitas seharian.

Credit: economictimes.com

Waktu Istirahat

Sama seperti bekerja di kantor, selama work from home kamu juga sebaiknya memiliki jam istirahat. Makan siang, istirahat sejenak, atau jalan- jalan di luar ruangan kerja, bermanfaat untuk kesehatan mentalmu selama bekerja di rumah.

Matikan Laptop

Seringkali kamu merasa risih jika belum membalas email atau chat yang berhubungan dengan pekerjaan. Namun, coba hentikan kebiasaan ini. Ketika kamu sudah selesai bekerja, matikan laptop dan tinggalkan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Lalu, nikmati harimu setelah selesai bekerja.

Rencanakan Sesuatu Setelah Bekerja

Setelah selesai bekerja, tinggalkan ruang kerjamu dan berjalan di sekitar rumah. Hal ini dapat membuatmu merasa bahwa pekerjaanmu di hari itu memang sudah selesai.

Lalu, rencanakan suatu kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah bekerja. Seperti berolahraga, meditasi, atau menelpon anggota keluarga. Hal ini dapat membantumu melepaskan diri dari pekerjaan dan membuatmu lebih santai dalam menghabiskan malam.

Nah, sekarang sudah tahu ya bagaimana agar kamu tetap merasa nyaman ketika bekerja dari rumah? Agar kinerjamu semakin efisien, coba terapkan tips- tips tersebut, ya!

Selamat mencoba.

 

Featured Image - gizmologi.id

Source - cnnindonesia.com