Terkait dengan pandemi Covid-19 yang sekarang masih berlangsung ini, hampir semua orang sekarang peduli dengan bagaimana mengonsumsi makanan sehat. Semoga hal ini tidak hanya saat pandemi saja, ya – tapi juga terus berlangsung sampai nanti.

Apalagi sekarang ini, di mana umat islam sudah berpuasa di bulan Ramadhan – memilih menu berbuka dan terutama menu sahur yang sehat menjadi pertimbangan yang mesti dipikirkan juga. Hal ini terkait dengan puasa yang hampir 13 jam dijalani.

Bagaimana nih dengan sahur yang kamu jalani? Apakah masih semangat? Jika tidak, memang benar tidak semua orang bisa nafsu makan saat sahur, lho. Hal ini juga diungkap oleh Naufal M. Nurdin sebagai Dosen Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB di situs CNN Indonesia beberapa waktu lalu.

 

 

Naufal menyatakan minimal ada asupan karbohidrat dan protein yang masuk ke dalam tubuh saat sahur sehingga metabolisme tubuh tidak begitu terganggu terkait puasa yang dijalani dari pagi sampai sore nanti. Ia juga menambahkan kalau asupan cairan, dan lainnya mesti diperhatikan juga.

Oleh karena itu, kamu mesti mengetahui nih bagaimana sih sebenarnya komposisi menu sahur yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Untuk mengetahui selengkapnya – sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Rekomendasi 5 Menu Sahur Sehat Untuk Kamu!

 

Oatmeal dan Buah

credit: alodokter.com

Karbohidrat jadi komponen utama untuk membentuk energi dalam proses metabolisme tubuh. Oleh karena itu, saat sahur, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan berkarbohidrat yang ideal. Oatmeal adalah rekomendasinya.

Selain mengandung karbohidrat yang ideal, oatmeal juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Protein dan lemak baiknya pun membantu. Apalagi kalau oatmeal kamu dikombinasikan dengan buah-buahan. Kamu bisa potong buah pisang, apel, anggur, atau jeruk mungkin untuk menambah kesegaran di menu tersebut.

Penambahan buah di menu oatmeal kamu bukan tanpa alasan, lho. Vitamin serta mineral yang terkandung di buah juga bisa jadi komponen yang membantu metabolisme kamu tetap oke selama puasa dari pagi sampai sore nanti.

 

Roti Gandum dan Selai

credit: lifestyle.okezone.com

Jika pada umumnya kamu menggabungkan roti gandum dengan bahan pangan lain yang mengandung karbohidrat kompleks seperti keju keras, daging olahan atau sosis – sebaiknya kamu ganti kombinasi menu tersebut.

Direkomendasikan buat kamu yang ingin sahur dengan roti, bisa dipadupadankan dengan selai. Pilihannya adalah selai kacang, keju yang lembut sampai pisang. Nah, lengkapi menu yang satu ini dengan konsumsi susu serta air putih untuk memenuhi kebutuhan mineral lainnya ya!

 

Salad Sayur dan Yogurt

credit: grid.id

Sayuran tentu mengandung serat, mineral serta vitamin yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, salad sayur adalah salah satu menu sahur yang direkomendasikan buat kamu karena kandungannya yang pas untuk tubuh.

Selain itu, kamu bisa juga mengombinasikannya dengan yoghurt. Bisa kamu minum atau dicampurkan saja di sayurannya sebagai pengganti mayonais. Oh iya, jika ingin menambah sumber protein, kamu bisa rebus telur, atau daging ayam fillet yang dikukus ya.

 

Lengkapi Dengan Enervon Active!

credit: Tim Enervon - enervon.co.id

Jika semua sudah masuk ke dalam tubuh – masih ada nih yang bisa kamu lengkapi, yaitu mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active. Mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan Zinc – Enervon Active bisa bantu kamu punya energi yang cukup untuk berpuasa seharian!

Bisa kamu konsumsi secara rutin dan aman kok untuk tubuh. Hal ini terkait dengan kandungannya yang larut di dalam air sehingga mudah diserap oleh tubuh. Nah jika ada zat yang sudah tidak diperlukan lagi, zat tersebut akan keluar melalui urin.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas untuk menu sahur yang sehat serta bisa bantu kamu jaga daya tahan tubuh agar terus optimal? Bisa kamu coba segala kombinasinya, lho!

 

Feature Image – popbela.com