Setiap anak perlu memiliki bekal keterampilan agar bisa bertahan dalam kehidupan dan di lingkungan mereka, salah satunya adalah kreativitas. Seperti kemampuan akademik, kreativitas juga perlu diasah dan diajarkan oleh orang tua.

Dalam mengajarka kreativitas pada anak, sebenarnya ada banyak cara. Berikut beberapa caranya:

1. Seni dan Kerajinan

Credit: Tribun News

Hal ini adalah cara paling umum yang bisa dilakukan oleh orangtua jika ingin mengajarkan kreativitas pada anak. Anak bisa diajak melakukan berbagai kreasi seni dan kerajinan tangan seperti menggambar, membuat mainan, berbagai macam DIY dan lain sebagainya yang mengharuskan anak berpikir kreatif dan bebas.

2. Membaca

Credit: Merdeka

Selain seni dan kerajinan, membaca adalah cara terbaik dan sederhana dalam mengembangkan kreativitas pada anak. Budaya membaca perlu diajarkan pada anak sedini mungkin, karena dapat membantu mengembangkan imajinasi, ide, dan daya berpikir anak.

Selain itu, membaca juga bisa mengembangkan pengetahuan anak tentang berbagai maca hal, sehingga anak pun dapat berpikir inovatif.

3. Jalan-jalan santai

Credit: Hello Sehat

Keluar rumah dan jalan- jalan santai di sekitar lingkungan rumah untuk mendapat udara segar bukan hanya dapat melepaskan stress, tetapi juga dapat melatih otak dalam hal observasi dan kepekaan pada anak. Selain itu, dari lingkungan sekitar pun memiliki banyak hal menarik yang bisa dipelajari bersama anak.

4. Musik

Credit: Republika

Mendengarkan berbagai macam genre musik juga dapat membantu mengembangkan pola berpikir anak baik secara fisik maupun emosional, karena secara alami otak anak akan merespons irama musik dengan baik. Sehingga mereka bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.

5. Bermain

Credit: Suara

Mengajarkan kreativitas anak dengan cara yang satu ini, merupakan cara yang paling disukai. Anak sering mengembangkan imajinasi dengan mengarang cerita dengan bermain dan menggunakan berbagai benda serta teman- teman yang ada di sekitarnya.

Entah hal ini dilakukan dengan bermain peran atau yang lainnya. Dan pada umumnya anak akan mengembangkan kreativitas unik dengan bermain.

Secara umum, anak akan banyak belajar dari orangtuanya mengenai kreativitas, jika orangtua tidak terbiasa melakukan hal-hal kreatif, anak mungkin juga akan mengikuti.

 

Featured Image - Kompas Lifestyle