Pandemi Covid-19 di bulan Ramadhan ini memang benar-benar membawa dampak yang luar biasa. Mungkin salah satunya adalah gagalnya rencana kamu untuk traveling ke tanah Arab untuk menikmati Ramadhan dari sana.

Ramadhan di Arab Saudi, khususnya tentu mempunyai sensasi yang berbeda. Mulai dari kebiasaan saat berpuasa di sana, sampai waktu ngabuburit berburu takjil khas Arab Saudi. Kira-kira, takjil di sana mirip seperti yang ada di Indonesia tidak ya?

 

 

Daripada penasaran, sebaiknya kamu simak bahasan kali ini yang akan menyebutkan setidaknya ada 6 takjil khas Arab Saudi yang menggugah selera! Tapi saat membaca bahasan kali ini, jangan sampai menelan ludah ya!

 

6 Takjil Khas Arab Saudi yang Menggugah Selera!

 

Baklava

credit: carolinescooking.com

Tidak hanya di tanah Arab Saudi saja nih – Baklava adalah takjil yang cukup populer bahkan sampai Turki. Mereka biasanya menjadikan Baklava sebagai salah satu takjil utama yang mesti ada di meja saat berbuka.

Baklava sendiri adalah seperti roti lapis yang di tiap lapisannya terdapat madu dan juga potongan kacang yang membuat setiap gigitannya terasa manis.

 

Zalabia

credit: maureenabood.com

Tidak jauh dari Arab Saudi – negara Algeria adalah salah satu negara tanah Arab yang punya takjil khas untuk berbuka saat waktu puasa selesai. Namanya Zalabia. Zalabia adalah takjil yang juga terkenal di Arab Saudi, nih.

Terbuat dari tepung dan punya rasa yang manis seperti donat, Zalabia menjadi salah satu takjil yang wajib ada di meja di negara Algeria. Biasanya teman menyantap Zalabia adalah teh hangat.

 

Foul

credit: magazine.job-like.com

Sepertinya takjil yang satu ini adalah saus cocolan yang nikmat sekali. Foul, adalah nama takjil yang terkenal di tanah Arab. Sebenarnya takjil yang satu ini berasal dari Suriah. Foul sendiri adalah campuran kacang-kacangan, bawang, tomat dan minyak zaitun ini nikmat sekali jika dimakan dengan roti.

Rotinya disobek, lalu dicocol ke Foul dan bisa langsung kamu santap! Wah sudah membayangkan bagaimana nikmatnya ya?

 

Lahmajoun

credit: themediterraneandish.com

Bergeser ke tanah Arab lainnya yaitu Lebanon, tepatnya di Beirut – ada takjil yang cukup berbeda daripada lainnya nih. Mungkin jika di Eropa akan mirip dengan Pizza. Namanya Lahmajoun. Lahmajoun terbuat dari roti bulat yang diberi taburan daging cincang, sayur-sayuran, tomat, bawang, paprika sampai kayu manis.

Rasanya yang gurih membuat Lahmajoun menjadi salah satu takjil wajib nih untuk mereka yang tinggal di Beirut, Lebanon.

 

Aseeda

Berbuka dengan yang manis memang ungkapan yang tepat untuk mereka yang berbuka puasa dan ingin secepatnya mempunyai energi kembali. Seperti takjil khas dari Libya, nih. Namanya Aseeda. Terbuat dari tepung yang dibentuk membulat dengan air, butter dan juga madu – membuat rasanya manis pas!

Aseeda sangat digemari di Libya, lho. Bahkan jadi salah satu menu takjil utama yang ada di meja.

 

Qatayef

credit: wikipedia.org

Nah yang satu ini benar-benar berasal dari Arab Saudi, nih. Qatayef adalah takjil yang sangat populer di sana. Berbentuk seperti dumpling, berisikan krim dan juga kacang ini rasanya memang timur tengah banget nih!

 

 

Wah bagaimana nih? Dari keenam takjil yang ada di atas – apakah kamu sudah punya rencana ingin mencoba yang mana langsung dari negaranya? Eits, ke sana setelah pandemi ini selesai dan dinyatakan benar-benar aman ya!

 

Feature Image – kejarmimpi.id