Terkadang puasa dapat membuat fokus jadi mudah buyar karena otak yang kekurangan nutrisi. Kurang fokus inilah yang akhirnya menyebabkan produktivitas bekerjamu ikut menurun. Ditambah lagi, kebijakan work from home yang diterapkan untuk memutus rantai penularan Covid-19, cenderung membuatmu jadi lebih malas.

Tapi, jangan jadikan hal ini sebagai alasan kamu untuk pasrah dan tidak mempedulikan pekerjaanmu, ya! Ibadah puasa dan produktivitas bekerja harus sama- sama berkualitas.

Nah, sebelum kamu mengalami gagal fokus saat bekerja di bulan puasa dan tetap produktif dalam menjalani kegiatan sehari- hari, yuk terapkan 5 tips berikut ini.

Lakukan Aktivitas Fisik

Credit: minews.id

Puasa bukanlah alasan agar kamu tidak melakukan aktivitas fisik atau olahraga, lho. Walaupun terdengar melelahkan karena olahraga harus membutuhkan banyak energi, namun sebenarnya berolahraga selama puasa justru dapat membuat tubuh jadi semakin segar dan dapat membantu revitalisasi tubuh.

Lakukan olahraga ringan saat puasa, seperti yoga, angkat beban ringan, atau melakukan gerakan- gerakan seperti squat, plank, sit up, dan push up. Lakukan kegiatan ini saat sore hari menjelang buka puasa, selama 15-30 menit.

Lalu, ketika kamu mulai mengantuk saat bekerja, lakukan olahraga ringan seperti berjalan- jalan di sekitar ruang kerja atau rumahmu, untuk mengembalikan konsentrasi.

Pilih Makanan

Credit: healthline.com

Jika kamu termasuk orang yang sulit untuk menahan lapar dalam waktu yang cukup lama atau doyan ngemil, mulai sekarang coba untuk merencanakan menu makan yang baik, ya.

Kamu tidak perlu makan dalam porsi yang terlalu banyak, tapi pastikan semua gizi seperti protein, karbohidrat, dan vitamin dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, hindari pula makanan yang mengandung banyak garam, karena dapat membuatmu lebih cepat haus selama puasa!

Atur Kegiatan

Credit: myhomevitality.com

Selama puasa, sebaiknya atur ulang kegiatan yang akan kamu lakukan sehari- hari. Kamu bisa merencanakan kegiatan yang lebih bermanfaat agar tubuhmu tetap fit dan tidak kehilangan fokus. Misalnya, dengan melakukan olahraga ringan, atau sekedar beristirahat sejenak di sela- sela kesibukan bekerja.

Aktivitas Spiritual

Credit: kumparan.com

Meluangkan waktu untuk rutin melakukan aktivitas spiritual atau beribadah, dapat membantu fokusmu tetap terjaga selama puasa, lho. Kamu dapat mengisi waktu dengan beribadan atau melakukan aktivitas yang menenangkan seperti meditasi, agar tetap fokus sepanjang hari.

Dan jangan lupa, pastikan untuk menghindari tidur yang terlalu lama karena dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan selama kamu berpuasa.

Minum Multivitamin

Credit: healthline.com

Hal yang satu ini juga jangan sampai terlewat, ya. Selama puasa kebutuhan nutrisi bisa saja tidak terpenuhi dan akhirnya menyebabkan daya tahan tubuhmu menurun. Belum lagi, pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini, mengharuskan kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi multivitamin secara rutin.

Untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, kebutuhan multivitamin tubuh dapat dipenuhi dengan rutin mengonsumsi  Enervon Active. Kombinasi kandungan non acidic vitamin C, vitamin B Kompleks, dan Zinc nya dapat menjaga daya tahan tubuh secara optimal. Serta vitamin B Kompleks untuk  membantu proses metabolisme makanan jadi energi yang lebih tahan lama.

Jadi, dengan mengnsumsi Enervon Active, tak heran kamu bisa tetap fokus dan berenergi sepanjang hari, meskipun sedang berpuasa!

 

 

Featured Image - popbela.com