Bulan puasa tahun ini memang terasa berbeda, ini karena sebagian besar orang harus menerapkan kebijakan work from home, untuk mengurangi semakin menyebarnya penularan Covid-19.

 

Credit: magazine.job-like.com

memilih makanan untuk berbuka puasa. Kamu jadi lebih kalap dalam membeli makanan, padahal yang dibeli belum tentu terjamin kesehatannya. Nantinya, hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, dan kondisi keuanganmu!

Nah, agar kamu tetap sehat dan hemat, berikut ini 4 tips memilih makanan untuk berbuka puasa selama work from home.

Buat Makanan Sendiri

Sesibuk apapun saat kamu sedang bekerja di rumah, usahakan menyisihkan waktu untuk membuat makanan sendiri. Kamu hanya butuh waktu sebentar saja, kok untuk menyiapkan menu masakan berbuka puasa yang sehat dan lezat agar buka puasa jadi terasa lebih menyenangkan.

Kamu bisa membuat menu masakan favorit kamu. Tak hanya dapat mengembalikan kembali energimu, menyantap makanan favorit saat berbuka juga dapat meningkatkan mood selama WFH. Beberapa bahan makanan praktis yang dapat diolah jadi menu buka puasa, yaitu kacang hijau, buah- buahan, telur, dan susu.

Selain hemat, dengan memasak makanan sendiri dapat membuat tubuhmu jadi aktif bergerak setelah duduk dan menatap layar komputer selama berjam- jam.

Jika Ingin Delivery, Pilih Makanan yang Sehat

Jika kamu benar- benar tidak sempat menyiapkan makanan untuk berbuka puasa, kamu bisa memesan makanan sehat dengan harga yang sewajarnya. Selama bulan puasa ini, ada berbagai macam promo makanan di ojek online yang bisa kamu gunakan. Jadi bisa lebih hemat!

Perlu diingat, ketika kamu ingin delivery makanan selama pandemi Covid-19, terapkan tips aman dengan menghindari kontak langsung dan cuci tangan setelah mengambil makanannya, ya.

Jangan lupa untuk memilih makanan sehat yang kaya akan kandungan gizi agar tubuhmu kembali segar setelah menikmati hidangan berbuka. Dan usahakan kurangi konsumsi gorengan dan makanan manis secara berlebihan, agar tubuh tetap sehat dan berat badan pun tidak naik selama bulan puasa.

Credit: hellosehat.com

Santap Takjil dalam Porsi Kecil

Tak bisa dipungkiri, momen berbuka puasa seringkali buat orang jadi kalap dalam menyantap makanan. Namun, coba hindari kebiasaan ini, ya. Meskipun sedang lapar dan haus, santaplah takjil dalam porsi kecil agar perutmu tidak ‘kaget’ dan metabolisme tubuh juga dapat beradaptasi dengan baik.

Menyantap makanan secara berlebihan ketika berbuka puasa dapat menyebabkan kadar gula melonjak drastis dan membuatmu jadi lebih mudah ngantuk. Kalau sudah begini, kegiatan work from home mu bisa berantakan karena ketiduran!

Makan Secara Perlahan

Pekerjaan yang tidak ada habisnya selama work from home pasti membuat sebagian orang jadi terburu- buru ketika makan. Tapi, coba deh nikmati santapan berbukamu secara perlahan- lahan. Karena, tubuhmu memerlukan waktu untuk mencerna makanan setelah berpuasa selama 12 jam.

Nah, mulai sekarang, yuk coba terapkan keempat tips di atas agar kesehatan tubuh terjaga dan kamu pun dapat menghemat pengeluaran selama WFH di bulan puasa ini. Serta, pastikan urusan pekerjaan serta Ibadan puasamu dapat berjalan secara beriringan, sehingga tidak mengganggu aktivitas kamu ya!

 

Featured Image - thenational.ae