Tidak hanya kamu saja yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini, lho. Si kecil pun juga terkena dampaknya. Hal tersebut bisa dibuktikan dari diliburkannya sekolah dan si kecil diharapkan belajar dari rumah menggunakan gawai atau fasilitas lainnya.

 

 

Namun jika ditelisik lagi lebih dalam, penutupan sekolah yang bersifat sementara ini menjadi kesempatan kamu untuk membuat hubungan dengan si kecil menjadi lebih baik lagi. Minimal kamu jadi punya waktu banyak untuk bersama mereka!

Dilansir dari okezone.com dan Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI – setidaknya ada beberapa cara menemani anak di rumah saat kondisi pandemi Covid-19 seperti ini. Tidak hanya kamu yang bosan saja di rumah tetapi si kecil juga, lho.

Oleh karena itu, sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui setidaknya ada beberapa cara untuk mengasuh anak pada saat kondisi pandemi seperti ini. Daripada penasaran, langsung saja baca bahasan ini sampai habis ya!

 

Punya Waktu Khusus Bersama si Kecil

Walau kamu tentunya akan sibuk dengan sistem WFH yang mesti dijalankan, tapi hal ini tentu tidak membuat kamu mesti sibuk seharian dan lupa akan si kecil. Apalagi saat bulan Ramadhan, bulan puasa ini – kamu bisa mengatur waktu untuk tetap produktif dan bisa menemani si kecil, lho.

Setelah mandi pagi, kamu bisa nih untuk mengerjakan pekerjaan kantor sampai menjelang sore. Begitu menjelang sore, kamu bisa ajak si kecil untuk bantu menyiapkan bahan berbuka. Bisa kamu ajak buat kue kering bersama, atau bahkan memasak bersama.

Tentu ini akan jadi pengalaman yang baik untuk si kecil! Kamu juga jadi bisa mengajarkan banyak hal kepadanya, lho. Atau bahkan kamu bisa melihat minatnya secara langsung kalau memang si kecil minat di tata boga!

 

Tanyakan Apa yang Mau Dilakukan

Buat jadwal jadi salah satu cara yang cukup penting untuk mengatur waktu dan efisiensi kamu menemani si kecil. Jika si kecil dari sekarang sudah diajarkan untuk membuat jadwal dan mematuhinya – secara tidak langsung kamu juga mengajarkan si kecil disiplin.

Dari sini juga si kecil akan belajar bertanggung jawab, mengatur waktu dengan tepat sehingga apa yang mereka kerjakan nanti efisien dengan pembagian waktunya. Oh iya, usahakan masukan jadwal untuk istirahat siang atau tidur siang agar kamu bisa dengan tenang mengerjakan pekerjaan kamu ya!

 

Tawarkan Bantuan Saat Buat Tugas Sekolah

Terkadang saking asyiknya mereka mengerjakan tugas sekolah, mereka bisa sampai lupa waktu. Jika menemukan kesulitan, kamu mesti peka dan bisa tanyakan bantuan apa yang bisa kamu berikan kepada mereka.

Dari sini mereka juga akan paham kalau saling tolong-menolong itu penting. Jadi kamu bisa ajarkan banyak hal di bagian yang satu ini.

 

Ajak Olahraga Bersama

Nah ini saat yang mengasyikan lainnya nih – daripada bosan menunggu waktu berbuka di tengah pandemi seperti ini karena kamu tidak bisa jalan-jalan atau ngabuburit – kamu bisa lho ajak si kecil untuk berolahraga bersama.

Pilihan olahraganya cukup banyak, mulai dari senam, yoga dan masih banyak lainnya. Kamu bisa ajarkan si kecil bagaimana olahraga yang benar dan efektif.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas untuk mengatur waktu kamu bersama si kecil saat mesti berada di rumah saja di tengah pendemi Covid-19 ini? Pastikan kamu terapkan berbagai cara di atas ya!

 

Feature Image – food.detik.com