Pandemi Covid-19 yang sedang melanda hampir seluruh negara di dunia, membuat sebagian besar orang jadi tak bisa kemana- mana untuk sementara waktu. Memang, dengan berada di rumah saja, kamu bisa membantu untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Meski harus berdiam diri di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa jalan- jalan, lho. Saat ini, sudah banyak sekali tempat wisata yang bisa dinikmati dengan cara virtual. Metode ini tak kalah menarik, mungkin kamu malah jadi bisa mengunjungi tempat yang belum didatangi.

 

Buat kamu yang lagi kangen jalan- jalan di sekitaran Jakarta, berikut ini 5 tur virtual di Jakarta yang menarik untuk kamu coba!

Keliling Tempat Wisata Bersama Jakarta Good Guide

Credit: travelmaker.id

Jakarta Good Guide akan mengajakmu untuk mengelilingi kota Jakarta ke tempat- tempat wisata dan bersejarah, serta menikmati berbagai cerita yang ada di dalamnya. Dalam tur ini, kamu akan diajak melihat kondisi tempat wisata di Jakarta pada jaman dahulu dan sekarang ini. Dan tak kalah seperti lagi berkunjung langsung, tur virtual ini juga menyediakan pemandu wisata yang akan memandu perjalanan virtual kamu.

Untuk mengikuti tur virtual dari Jakarta Good Guide, kamu bisa mendaftar lewat WhatsApp atau mengisi formulir di website resmi. Setelah mendaftar, kamu akan mendapat email konfirmasi yang berisi ID dan password Zoom untuk digunakan saat sesi tur berlangsung.

Tur Virtual Bersama Wisata Kreatif Jakarta (WKJ)

Credit: m.medcom.id

Sama seperti Jakarta Good Guide, Wisata Kreatif Jakarta (WKJ) juga akan mengajakmu untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik yang ada di Jakarta dan kota- kota lainnya. Seperti menyusuri kawasan Jalan Braga yang ikonik, bahkan hingga Kota Verona di Italia yang romantis.

Selama melakukan tur virtual, kamu akan ditemani dengan tour guide berpengalaman dan berlisensi yang akan memandu perjalanan kamu, tanpa harus keluar rumah.

Wisata virtual yang disediakan oleh WKJ bisa dinikmati melalui aplikasi Zoom Meeting dengan durasi tur sekitar 90 menit dan diadakan setiap harinya. Bahkan, dari tanggal 1 Mei lalu, ada pilihan sesi pagi dan sore yang bisa kamu nikmati sambil ngabuburit.

Wisata Virtual ke Monumen Nasional

Credit: tirto.id

Monumen Nasional atau Monas merupakan salah satu ikon Kota Jakarta yang sudah ada dan terkenal sejak lama. Memang, Monas sepertinya memiliki daya tariknya yang kuat bagi wisatawan, tak terkecuali warga Jakarta sendiri.

Salah satu hal yang menarik dari Monas adalah bagian lidah api di bagian puncak yang terbuat dari emas seberat 38 kilogram. Terlihat megah dan indah dari luar dan dalam, serta memiliki berbagai benda koleks bersejarah, tak heran jika Monas selalu jadi daya tarik bagi banyak orang.

Kamu bisa menjelajahi beberapa bagian Monas meski di rumah saja, melalui tur virtual yang disajikan oleh Google Arts and Culture. Jadi, kapan lagi kamu bisa menikmati pemandangan Jakarta dari puncak Monas, tanpa harus berdesak- desakan dengan pengunjung lainnya!

Menikmati Beragam Karya Seni di Museum MACAN

Credit: manual.co.id

Museum MACAN memang popular sebagai instalasi seni yang menawarkan berbagai spot foto yang Instagramable untuk para pengunjungnya. Nah, selama pandemi Covid-19, Museum MACAM menyediakan tur virtual  untuk memberi edukasi seni bagi peminatnya. Bahkan, saat ini Museum MACAN sudah bergabung dengan gerakan global museum dari rumah atau #MuseumFromHome.

Ada dua pameran yang bisa kamu nikmati secara virtual di Museum MACAN melalui program #MuseumFromHome. Diantaranya, pameran seni dari Melati Suryodarmo: Why Let The Chicken Run? Dan Julian Rosefeldt: Manifesto.

Intip Berbagai Koleksi Dr. Ir. Ciputra di Ciputra Artpreneur

Credit: cvent.com

Selain dikenal sebagai teater yang menampilkan berbagai macam pertunjukkan, Ciputra Artpreneur juga memiliki galeri dan museum dengan berbagai macam koleksi yang menarik.

Galeri seninya berupa ruang pameran yang biasanya digunakan untuk kegiatan seni. Sedangkan di dalam museumnya, terdapat berbagai koleksi pribadi Dr. Ir. Ciputra, seperti lukisan- lukisan karya seniman Indonesia.

Salah satu contoh karya yang dipajang di museum tersebut adalah dari Hendra Gunawan dan berbagai pelukis lainnya. Untuk menikmati berbagai koleksi seni disini, kamu hanya perlu mengakses website https://www.ciputraartpreneur.com/virtual-tour.

Nah, bagaimana nih? Apakah kamu tertarik mencoba salah satu wisata virtual tersebut dari rumah? Jangan lupa, meskipun kamu berada di rumah saja selama pandemi ini, tetap jaga daya tahan tubuh serta kebersihan ya! Stay safe and healthy.

 

Featured Image - idetrips.com

Source - kumparan.com