Kulon Progo merupakah salah satu kabupaten di wilayah barat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Daya tarik wisata Kulon Progo tak kalah menariknya dengan daerah lain di Yogyakarta. Terlebih lagi sejak berdirinya Yogyakarta International Airport (YIA) yang berada di Kulon Progo menjadi potensi wisatawan untuk berkunjung ke berbagai wisata yang ada di sana. Jika kamu sedang berada di Yogyakarta, kamu bisa mampir ke beberapa wisata populer di Kulon Progo. Daya tarik wisata Kulon Progo terletak pada keindahan alamnya yang memanjakan mata, seperti perbukitan, air terjun, waduk, hutan, hingga pantai. Berikut adalah daftar wisata Kulon Progo yang paling populer dikunjungi wisatawan serta tips sehatnya untuk kalian.

Objek Wisata Kulon Progo yang Populer

1. Waduk Sermo

Salah satu wisata alam yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan yaitu Waduk Sermo (gambar di atas). Waduk Sermo merupakan satu-satunya waduk yang ada di Yogyakarta dengan luas kurang lebih 157 hektare. Waduk ini menyajikan pemandangan danau yang indah dan dikelilingi oleh pegunungan serta pepohonan hijau yang sangat asri. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota menjadikan wisata ini cocok untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari aktivitas harian yang padat. Di waduk ini kamu bisa berkeliling menikmati keindahan waduk dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan perahu yang tersedia. Saat musim kemarau tiba, kamu juga bisa mendirikan kemah di area yang telah disediakan.

2. Wisata Alam Kalibiru

Sumber: asset.kompas.com

Wisata Kulon Progo selanjutnya yaitu wisata alam Kalibiru yang terletak di Hargowilis, Kulon Progo. Kalibiru merupakan destinasi wisata yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 450 mdpl. Kawasan ini menawarkan pemandangan alam hutan dan perbukitan yang luas sebagai daya tarik bagi wisatawan. Yang menjadi ikon dari wisata alam Kalibiru yaitu ada menara pandang berbentuk rumah pohon yang menjadi spot foto dengan latar belakang bukit hijau, Waduk Sermo, dan garis pantai Laut Selatan. Kamu juga bisa mencoba wisata lainnya seperti flying fox, trekking, outbound, dan beberapa permainan lainnya.

3. Pantai Glagah

Sumber: dinpar.kulonprogokab.go.id

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang menjadi favorit bagi wisatawan karena memiliki daya tarik tersendiri. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga di kawasan pantai dibangun tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah ombak agar tidak masuk ke bibir pantai. Di tengah jajaran tetrapod tersebut terdapat jalan setapak panjang yang mengarah ke tengah laut dan menjadi spot favorit wisatawan saat berkunjung ke Pantai Glagah. Di pantai ini kamu bisa memancing, berjalan-jalan menikmati matahari terbenam, atau menikmati kuliner. Selain itu, di pantai ini terdapat laguna yakni kawasan cekung yang terbentuk secara alami oleh bebatuan karang dan pasir sehingga mirip telaga.

4. Kebun Teh Nglinggo

Sumber: ksmtour.com

Kebun Teh Nglinggo merupakan satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Kebun teh ini menyuguhkan panorama hamparan kebun teh yang hijau dan udara yang sejuk. Selain kebun teh, ada juga wisata Bukit Ngisis yang berada di sisi utara kebun teh. Dari bukit tersebut, wisatawan bisa menyaksikan panorama alam dari ketinggian. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti memetik daun teh, trekking di hamparan kebun teh, off road dengan mobil Jeep berkeliling kebun, atau sekedar menikmati pemandangan kebun teh.

5. Air Terjun Kedung Pedut

Sumber: dinpar.kulonprogokab.go.id

Wisata Kulon Progo populer selanjutnya yaitu air terjun Kedung Pedut yang terletak di kawasan hutan lindung. Setiap harinya kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Air terjun Kedung Pedut diambil dari bahasa Jawa yang berarti ‘kolam berkabut’. Hal ini dikarenakan debit airnya sangat deras sehingga membuat sekitaran kolam menjadi berkabut. Daya tarik utama air terjun Kedung Pedut ada pada warna airnya yang berwarna putih dan tosca.  Di sekitar air terjun terdapat lima kedung yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air dengan kedalaman sekitar 2-5 meter. Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini, hindari datang saat musim hujan ya!

6. Air Terjun Kembang Soka

Sumber: dinpar.kulonprogokab.go.id

Tidak jauh dari air terjun Kedung Pedut, terdapat air terjun Kembang Soka yang juga tak kalah populer. Air terjun ini unik karena bentuknya yang berundak dari tiga sumber mata air yang mengairinya yakni mata air Kembang Soka dengan tinggi 5 meter, mata air Kalimiri dengan tinggi 15 meter, dan mata air Tuk Jaran dengan tinggi 30 meter. Ketiganya mengalir ke satu kolam besar di bawahnya dan kamu bisa berenang di kolam tersebut.

Tips Sehat Wisata Kulon Progo

Liburan memang cara yang tepat untuk menyegarkan pikiran, mempererat hubungan baik dengan keluarga dan teman, serta manfaat psikologis lainnya. Selain itu, penting juga untuk memanfaatkan momen ini sebagai cara meningkatkan kebugaran tubuh karena secara tidak langsung kamu akan banyak beraktivitas fisik di alam. Oleh karena itu, penting juga untuk menjaga tubuh agar tetap prima meskipun banyak melakukan aktivitas. Simak beberapa tips sehat mudah saat berlibur berikut ini.

  • Gunakan tabir surya karena kulit kamu akan terpapar sinar matahari secara langsung selama berjam-jam. Jangan lupa juga untuk mengoleskannya kembali setiap 4 jam sekali pada area kulit yang tidak tertutup pakaian.
  • Bawalah botol air minum atau air mineral dalam kemasan karena tubuhmu pasti akan memerlukan lebih banyak cairan. Terlebih lagi jika kamu berkunjung saat cuaca panas. Selain mencegah dehidrasi, rutin minum air putih juga akan mencegah kamu terlalu lelah saat pulang nanti.
  • Jangan lupa untuk membawa obat pribadi dalam tas yang mudah diakses, terutama jika kamu punya penyakit tertentu. Tips ini bisa menjadi usaha pertolongan pertama jika lokasi wisata yang dituju cukup jauh dengan pusat kesehatan.

Selain tips singkat di atas, penting juga untuk memastikan tubuh mendapat asupan nutrisi yang lengkap. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa menambahkan suplemen dalam menu makan selama liburan. Enervon-C Tablet menjadi salah satu produk yang disarankan karena tidak hanya mudah dibawa ke mana pun, tapi juga lengkap kandungannya. Selain vitamin C, kamu juga akan mendapat vitamin B kompleks, niacinamide, dan ca pantotenat dalam satu tablet. Miliki stoknya dengan mengakses berbagai varian Enervon di Tokopedia dan Shopee resmi.

Featured Image - asset.kompas.com