Tahukah kamu, nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari belum tentu bisa memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan vitamin untuk tubuh, lho. Jadi, mengonsumsi multivitamin setiap hari juga perlu dilakukan. Lalu pertanyaannya, amankah mengonsumsi multivitamin setiap hari?

Perlu diketahui bahwa multivitamin aman untuk dikonsumsi setiap hari, terutama multivitamin yang larut air seperti vitamin C dan B kompleks. Vitamin larut air sendiri merupakan vitamin yang bisa diproses bersama air dan siap untuk diserap ke dalam jaringan tubuh untuk segera digunakan. Jenis vitamin ini tidak akan disimpan oleh tubuh, sehingga asupannya harus terus dijaga setiap harinya.

Selain itu, vitamin larut air juga punya kelebihan seperti tidak akan menumpuk dalam tubuh, karena zat- zat yang tidak diperlukan akan langsung dikeluarkan melalui urine.

Sederet Manfaat Konsumsi Multivitamin Setiap Hari

Multivitamin yang baik haruslah mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zinc, dan lainya. Vitamin-vitamin ini tentu saja memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan, dan multivitamin terutama yang mengandung vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan di kala tubuh sedang kurang sehat. Jika kamu sudah memiliki sistem imun yang baik, tentunya risiko terkena berbagai macam virus pun akan menurun.

2. Sebagai Antioksidan

Multivitamin juga berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tentunya, ini dapat membantu menghambat risiko penuaan dini, menghambat pertumbuhan sel kanker, menangkal virus dan bakteri, serta mencegah risiko terkena penyakit jantung.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi multivitamin secara teratur juga bisa memberikan manfaat untuk daya ingat otak, lho. Vitamin C memiliki sifat protektif yang mampu melindungi otak dari risiko kerusakan dan hilangnya daya ingat.

4. Meningkatkan Fungsi Paru

Fungsi multivitamin yang mengandung vitamin C juga bisa berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dan fungsi otak, serta menghindari kamu terserang pneumonia.

5. Meningkatkan Energi

Tubuh membutuhkan vitamin B kompleks untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan pada akhirnya bisa menghasilkan energi untuk beraktivitas. Jika tubuh kekurangan vitamin B kompleks, maka proses produksi energi bisa terhambat dan kamu akan menjadi cepat lelah saat beraktivitas.

6. Membantu Proses Metabolisme

Multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks juga bisa membantu melancarkan proses metabolisme tubuh, yang berperan untuk mengubah makanan menjadi sumber energi untuk tubuh. Kalau metabolisme tubuhmu sudah optimal, maka tubuh tidak akan mudah lemas, karena sel-sel tubuh sudah mendapatkan asupan nutrisi secara optimal.

Aturan Konsumsi Multivitamin yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa pedoman umum untuk mengonsumsi multivitamin secara tepat:

  1. Setiap multivitamin biasanya memiliki petunjuk penggunaan yang disarankan pada labelnya. Jadi, pastikan untuk membacanya dan mengikuti dosis yang direkomendasikan.
  2. Sebagian besar multivitamin lebih baik diserap oleh tubuh pada saat dikonsumsi bersama makanan. Ini juga akan membantu mengurangi risiko efek samping, seperti ketidaknyamanan perut.
  3. Beberapa multivitamin biasanya lebih baik dikonsumsi pada waktu tertentu dalam sehari untuk meningkatkan penyerapan atau menghindari interaksi dengan makanan atau suplemen lain. Misalnya, beberapa vitamin dan mineral lebih baik diserap oleh tubuh pada saat perut kosong, sementara yang lain lebih baik diserap dengan makanan.
  4. Jika sedang mengonsumsi obat resep atau suplemen lain, pastikan untuk periksa dengan profesional kesehatan untuk memastikan bahwa tidak ada interaksi yang merugikan antara multivitamin dan obat atau suplemen lain yang kamu konsumsi.
  5. Terlalu banyak vitamin dan mineral juga bisa berefek buruk pada tubuh. Jadi, jangan sampai melebihi dosis harian yang disarankan kecuali atas saran profesional kesehatan.
  6. Untuk mendapatkan manfaat yang terbaik, sangat penting untuk mengonsumsi multivitamin secara teratur. Membuatnya menjadi bagian dari rutinitas harian akan membantumu memperoleh manfaatnya secara konsisten.

Selalu ingat bahwa multivitamin seharusnya tidak menggantikan pola makan sehat dan seimbang. Ini hanya harus dianggap sebagai suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi jika tidak dapat dipenuhi melalui makanan saja.

Rekomendasi Multivitamin yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Nah, setelah mengetahui betapa pentingnya konsumsi multivitamin setiap hari, serta seperti aturan konsumsi multivitamin yang tepat, mulai sekarang jangan abai, ya! Selalu ingat untuk konsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang mengandung Vitamin C 500 gram, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niacinamide, Kalsium Pantotenat. Kombinasi antara kedua vitamin tersebut mampu menjaga daya tahan tubuh secara optimal serta membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi tahan lama.

Dan untuk kamu yang punya aktivitas padat, bisa juga konsumsi Enervon Active dengan kandungan  Vitamin C 500 gram, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niacinamide, Kalsium Pantotenat dan Zinc di dalamnya yang dapat menjaga daya tahan tubuh, sekaligus menjaga energimu sehingga tidak mudah lelah.

Enervon menjadi salah satu penyedia suplemen terpercaya di Indonesia yang memberikan pilihan produk yang lengkap. Enervon Gold yang cocok untuk usia lanjut agar tetap sehat. Sedangkan Enervon-C Tablet dan Enervon-C Effervescent akan menjaga imun tubuh setiap hari. Yuk, dapatkan semua produk Enervon secara online di Shopee dan Tokopedia!