Jawa Tengah adalah sebuah wilayah yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Provinsi ini dikenal sebagai pusat budaya Jawa karena masih terdapat pusat Kerajaan Jawa yang berdiri hingga kini yaitu Keraton Kesunanan dan Pura Mangkunegaran. Selain itu ada banyak wisata bersejarah peninggalan zaman dulu seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang sudah mendunia. Keragaman pesona wisatanya yang menakjubkan membuat banyak wisata Jawa Tengah menjadi destinasi favorit bagi banyak wisatawan. Jika kamu berencana untuk berlibur ke Jawa Tengah tahun ini, kamu bisa menyimak daftar destinasi wisata Jawa Tengah yang sedang dan masih viral berikut ini.

Objek Wisata Jawa Tengah Viral dan Keren

1. Kota Lama

Kota Lama Semarang terletak di pusat kota dan merupakan salah satu kawasan yang selalu ramai dikunjungi terutama oleh kaum muda. Di wilayah ini ada sekitar 50 bangunan bergaya Eropa tempo dulu yang berusia ratusan tahun dan masih berdiri kokoh. Bahkan Kota Lama kerap disebut sebagai “Little Netherland”. Beberapa spot yang ramai dan menarik untuk dikunjungi antara lain Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Semarang Art Gallery, dan masih banyak lagi. Wisatawan bisa berjalan di area pedestrian yang tersedia sambil berfoto, berkunjung ke toko barang antik, atau hunting kuliner di kawasan Kota Lama.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Sumber: asset.kompas.com

Klenteng Sam Poo Kong adalah klenteng China tertua yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Bangunan ini dipengaruhi oleh gaya arsitektur China dan Jawa pada abad ke-14. Klenteng ini dicat dengan warna merah yang membuatnya terlihat megah dan dimahkotai dengan atap pagoda berlapis tiga khas budaya Asia Timur. Sampai saat ini klenteng ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah sekaligus destinasi wisata yang tidak pernah sepi. Wisatawan yang berkunjung bisa berfoto di banyak spot yang menarik dan juga bisa menyewa pakaian khas China. Pada perayaan tahun baru Imlek, tempat ini dijadikan tempat perayaan yang menyuguhkan berbagai atraksi kolaborasi seni pertunjukan Jawa dan China.

3. Candi Borobudur

Sumber: kompaspedia.kompas.id

Candi Borobudur adalah salah satu destinasi wisata kebanggaan yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sendiri merupakan monumen Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-9. Tidak heran jika kemegahan candi ini pernah masuk dalam jajaran 7 keajaiban dunia dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Wisatawan bisa mengeksplorasi seluruh area candi yang memiliki 2.672 panel relief dan 504 archa Buddha di dinding candi. Pada puncak candi terdapat stupa besar yang terletak tepat di tengah candi dan dikelilingi oleh 72 stupa yang berukuran lebih kecil. Tidak jauh dari Candi Borobudur, terdapat candi-candi kecil yang bisa kamu kunjungi. Pada perayaan Waisak, kamu bisa melihat prosesi hari Waisak dari ratusan bahkan ribuan umat Budhha.

4. Candi Gedong Songo

Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Wisata Jawa Tengah selanjutnya yaitu Candi Gedong Songo yang berada di lereng gunung Ungaran, Jawa Tengah. Dalam area candi ini terdapat beberapa wisata lainnya yang sedang viral belakangan yaitu Ayanaz dan Vanaprastha Gedong Songo. Ayanaz Gedong Songo merupakan taman hiburan outdoor yang menawarkan pemandangan indah. Tempat wisata ini viral karena terdapat spot foto berbentuk balon udara yang unik. Setelah itu, wisatawan bisa menuju Vanaprastha Gedong Songo yang berupa kawasan hutan pinus yang asri dan rimbun dengan pepohonan. Kamu bisa menelusuri wilayah Candi Gedong Songo dengan berjalan kaki atau menyewa kuda.

5. Telaga Warna Dieng

Sumber: asset.kompas.com

Telaga Warna Dieng menjadi tempat wisata di Wonosobo, Jawa Tengah yang terbilang unik karena memiliki warna air yang berubah-ubah. Fenomena perubahan warna air ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi sehingga ketika terkena sinar matahari maka telaga tampak berwarna-warni. Selain itu keindahan bukit yang mengelilingi telaga serta udara yang segar membuat tempat wisata ini selalu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini yaitu pada pagi hingga siang hari karena saat itu kabut sore akan menutupi telaga.

6. Saloka Theme Park

Sumber: salokapark.com

Saloka Theme Park adalah area taman rekreasi tematik dengan mengusung konsep kearifan lokal sekaligus taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah. Ada sekitar 25 wahana yang dibangun dengan lisensi keamanan internasional. Di taman ini terdapat 5 zona bermain yang bisa kamu coba yaitu Zona Pesisir, Zona Balantara, Zona Ararya, Zona Kamayayi, dan Zona Segara Prada. Ada juga pertunjukkan seni Baru Klinting Show yang memadukan teknologi modern, animasi 3D laser, musik, dan air mancur menari.

Tips Sehat Berwisata

Dengan banyaknya tempat wisata keren dan viral di Jawa Tengah yang luas, tentu saja tubuh yang bugar harus dimiliki agar momen berlibur semakin sempurna. Berikut ini adalah beberapa tips sehat untuk kamu yang ingin menjelajahi area Jawa Tengah.

  • Persiapkan fisik – Jika kamu berencana melakukan banyak aktivitas fisik, persiapkan tubuh dengan istirahat cukup dan latihan ringan. Lengkapi juga perlengkapan penunjangnya seperti sepatu yang nyaman, tabir surya, botol air minum pribadi, dan lain-lain.
  • Jaga kebersihan diri – Untuk menurunkan risiko tertular penyakit dari kerumunan, lakukan kebiasaan bersih seperti cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan menyentuh wajah. Termasuk kenakan masker saat memasuki kerumunan.
  • Pilih menu makan yang sehat – Saat mencicipi kuliner khas, pilih makanan dengan bahan-bahan dan cara pengolahan yang sehat. Memenuhi asupan nutrisi harian adalah kunci untuk menjaga daya tahan tubuh selama liburan.

Untuk mendukung kesehatan dan memastikan asupan nutrisi terpenuhi, minum suplemen menjadi alternatif cara yang aman dilakukan. Salah satu suplemen multivitamin dan mineral  yang mampu menjaga tubuh tidak mudah lelah yaitu Enervon-C Tablet. Tidak hanya vitamin C, setiap tabletnya juga mengandung vitamin B kompleks, niacinamide, dan ca pantotenat. Kemasan travel juga lebih mudah dibawa saat menjelajahi Jawa Tengah. Dapatkan produk ini dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - pariwisata.semarangkota.go.id