Liburan bersama keluarga jelas memiliki banyak manfaat besar. Selain menyegarkan pikiran dan menambah kerekatan hubungan antar anggota keluarga, destinasi wisata yang dikunjungi juga bisa menjadi ajang edukasi bagi anak-anak. Momen bersama keluarga sebaiknya dihabiskan di tempat wisata keluarga agar semuanya bisa merasakan keseruan yang maksimal. Malang adalah salah satu kota yang sangat direkomendasikan untuk melakukan wisata keluarga. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata keluarga di Malang yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Keluarga di Malang

1. Museum Angkut

Tempat wisata keluarga pertama adalah Museum Angkut (gambar di atas), museum dengan koleksi alat transportasi Indonesia dan dunia dari tahun ke tahun. Tidak hanya memamerkan  angkutan umum dari seluruh dunia, kamu juga akan disuguhkan dengan suasana interior yang disesuaikan dengan tema setiap zona. Dibagi menjadi 11 zona yang unik dan menarik, tempat wisata ini patut dikelilingi sepanjang hari. Ada Zona Edukasi, Zona Pelatihan Penerbangan, Zona Las Vegas, Zona Pertunjukan Khusus, dan masih banyak lagi lainnya. Dijamin kamu akan menghabiskan banyak waktu seru di sini seharian.

2. Jatim Park

Sumber: Google oleh Chan S

Dalam satu destinasi, Jatim Park menawarkan 3 wahana dalam satu area, yaitu Jatim Park 1, 2, dan 3. Jika pada Jatim Park 1 kamu bisa bermain banyak sekali wahana, maka Jatim Park 2 kamu dan anak-anak bisa belajar banyak hal tentang alam dan dunia satwa. Sedangkan Jatim Park 3 memungkinkan kamu memiliki pengalaman unik pergi ke Dino Park dan Museum Lilin. Dalam satu area ini, semua anggota keluarga bisa merasakan keseruan yang berbeda.

3. Batu Night Spectacular

Sumber: Google oleh Eko Satriya Wibowo

Untuk wisata malam, Malang juga tidak kalah seru untuk jalan-jalan bersama keluarga. memiliki konsep taman hiburan malam hari, Batu Night Spectacular (BNS) menyuguhkan suasana malam yang meriah. Beberapa wahana bermain yang harus dicoba adalah Sepeda Udara, Gokart, Rumah Hantu, Rumah Kaca, Kursi Terbang, Magic Horn, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk kamu yang gemar belanja dan berkulineran, kunjungi juga Night Market di sini.

4. Malang Night Paradise

Sumber: malangnightparadise.com

Menjadi wisata malam terbesar di Jawa Timur, Malang Night Paradise (MNP) hanya berjarak 45 menit dari BNS. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah taman lampion dan gemerlapnya instalasi lampu LED penuh warna. Selain itu, kamu dan keluarga juga bisa mencoba wahana bermain yang buka setiap hari. Beberapa wahana yang bisa dicoba adalah Mini Pendulum, Flying Car, Fun Clown, Sweet Dancing, Dino Swing, Magic Journey, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Taman Selecta

Sumber: Selectawisata.id

Berdiri sejak 1930, Selecta populer dengan luasnya taman bunga dan pemandangan alam yang indah. Selain jalan-jalan sambil berswafoto, kamu juga harus mencoba serunya kolam renang dan wahana bermain air di sana, termasuk mandi air panas. Beberapa keseruan lain yang cocok bagi semua anggota keluarga adalah Cinema 4D, Family Coaster, Bahtera Ayun, Sky Bike, hingga Flying Fox. Untuk menikmati keindahan semua area dari atas, kamu bisa menaiki bianglala dengan harga tiket yang terjangkau.

6. Lumbung Stroberi

Sumber: Google oleh Lumbung Stroberi Official

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata edukatif untuk semua usia, Lumbung Stroberi bisa menjadi pilihan. Lokasi ini mengajak kamu untuk mengenal perkebunan stroberi. Mulai dari cara menanam, perawatan, hingga memanennya. Tentu saja kamu bisa langsung praktik memanen langsung di sana. Sedangkan untuk keluarga yang ingin aktivitas lebih seru dan menantang, rafting dan paintball bisa dilakukan di sana. Lengkap sekali, bukan?

7. Kusuma Agrowisata

Sumber: agrowisata.id

Kamu tentu sering mendengar bahwa Malang populer dengan apel. Salah satu lokasi yang menawarkan serunya memetik apel adalah Kusuma Agrowisata. Tidak hanya apel, pengunjung juga bisa memetik beberapa hasil bumi lain seperti jeruk, jambu merah, buah naga, hingga sayur hidroponik organik. Bahkan kamu dan keluarga juga bisa menginap di hotel yang dikelola oleh pihak yang sama dengan agrowisata ini. Nikmati sejuknya udara dan indahnya pemandangan khas dataran tinggi yang keren.

8. Sengkaling Waterpark

Sumber: Google oleh Abdul Chamid

Memiliki luas mencapai 9 hektar, Sengkaling Waterpark menjadi taman bermain air yang cocok untuk semua usia. Mulai dari Kolam Tirta Alam yang menggunakan air dari sumber alami hingga Kolam Tirta Sari yang menawarkan berbagai macam wahana bermain bagi anak-anak dan remaja. Beberapa zona bermain lain yang tak kalah menarik adalah Kapal Misteri, Kolam Cumi-cumi, Kolam Pesona Primitif, area outbond, dan masih banyak lagi lainnya.

Jaga Kesehatan Keluarga Selama Traveling

Agar semua momen seru dapat dirasakan secara optimal dari awal keberangkatan sampai kembali ke rumah, kondisi tubuh yang sehat adalah kunci utama. Dengan suhu dan cuaca yang cenderung dingin di Malang, urusan menjaga daya tahan tubuh menjadi tantangan yang tak boleh diremehkan. Selain melengkapi barang bawaan dengan pakaian hangat, membawa perbekalan yang sehat sangat disarankan. Kemudian pilih menu makan yang bisa meningkatkan imun tubuh.

Terakhir adalah dengan tidak lupa mengemas obat-obatan pribadi sebagai bentuk pertolongan pertama jika anggota keluarga ada yang sakit. Termasuk membawa suplemen untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Enervon-C Effervescent hadir dengan bentuk effervescent yang mudah larut dalam air putih. Kandungan vitamin C, B kompleks, dan mineralnya mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh seharian. Pastikan kamu sudah memiliki stoknya dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image Source - Google oleh A RS