Nanas merupakan buah trops yang berasal dari Amerika Selatan. Buah nanas dikenal memiliki banyak nutrisi, antioksidan, dan kandungan lainnya yang ternyata mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu!

Berikut beberapa manfaat nanas untuk kesehatan:

1. Meringankan radang sendi

Credit: Alodokter

Manfaat pertama dari buah nanas adalah dapat meringkankan gejala arthritis atau radang sendi. Kandungan Bromelian yang ada pada buah nanas, memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meringankan rasa sakit yang dialami oleh penderita radang sendi.

2. Mencegah depresi dan gangguan kecemasan

Credit: Fimela

Tidak hanya dapat meringankan gejala sendi, buah nanas juga bisa mencegah depresi maupun gangguan kecemasan. Buh nanas merupakan sumber terbaik asam amino triptofan. Senyawa ini digunakan tubuh untuk menghasilkan hormon serotonin atau hormon bahagia.

Dengan rutin mengonsumsi buah nanas setiap hari, dapat meningkatkan kondisi mood kamu, sehingga mampu mengurangi resiko terjadinya depresi dan gangguan kecemasan.

3. Mencegah penyakit asma

Credit: Hipwee

Salah satu manfaat lainnya dari buah nanas adalah dapat mencegah penyakit asma. Kandungan beta-karoten yang ada pada buah nanas, mampu untuk menurunkan resiko asma.

Penyakit asma biasanya terjadi karena terkena polusi udara, efek obat antibiotik, dan kurang gizi. Dan buah nanas mampu untuk mendetoksifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh.

4. Mencegah sembelit

Credit: Tribun News

Kandungan serat dan air yang tinggi pada buah nanas, dianggap mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar, sehingga sembelit pun dapat teratasi. Selain itu, kandungan bromelain yang ada pada nanas, dapat mengurangi kekebalan sel-sel inflamasi, yang dapat merusak lapisan yang ada pada saluran pencernaan.

5. Mencegah kanker

Credit: Hello Sehat

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas, memiliki sifat antioksidan yang mampu menghambat perkembangan sel kanker. Dan dengan rutin mengonsumsi buah ini, kamu dapat terhindar dari penyakit kanker.

6. Mencegah rambut rontok

Credit: Jawa Pos

Tidak hanya dapat mencegah penyakit kronis saja, buah nanas juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, seperti mencegah rambut rontok. Kandungan bromelain dan vitamin C yang tinggi pada buah nanas, dapat membantu melawan kerontokan pada rambut dan mengobati infeksi pada kulit kepala.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu dapat mengonsumsi buah nanas secara langsung, atau diolah menjadi jus yang.

 

Featured Image - Lifestyle Kompas