Salah satu tanda penuaan yang paling terlihat adalah kondisi fisik yang berubah, seperti kulit wajah, warna rambut, penurunan kemampuan melihat, dan lain-lain. Sebagai proses alami, penuaan memang tidak bisa dicegah. Produk perawatan wajah umumnya hanya mampu memperlambatnya. Kemudian, apakah penampilan menjadi penting bagi orang yang masuk usia lanjut? Adakah cara agar lansia bisa tetap tampil awet muda? Mari membahas lebih lengkap cara agar awet muda dan ikuti tipsnya.

Meski sering tidak disadari, penampilan merupakan satu faktor penting seseorang dalam membangun rasa percaya diri. Sudah banyak laporan yang menunjukkan adanya manfaat psikologis bagi orang yang awet muda atau terlihat lebih muda dibanding usia yang sebenarnya. Dari rasa percaya diri yang ada, lansia dapat menjalankan berbagai bentuk interaksi sosial untuk menunjang kesehatan mentalnya.

Selain itu, tampil awet muda saat lansia juga menjadi salah satu tanda kesehatan fisik yang terjaga. Dalam penelitian yang terbit tahun 2023¹, menunjukkan bahwa penampilan awet muda (terlihat 5 tahun lebih mudah dibanding usia sebenarnya) berhubungan dengan fungsi kognitif yang lebih baik dan berbagai morbiditas. Seberapa tua penampilan seseorang bisa menjadi salah satu penilaian klinis dalam asesmen fisik. Ikuti beberapa cara agar awet muda secara detail di sini.

Cara agar Awet Muda

1. Tidak Merokok

Dari sederetan efek buruk rokok, masalah kulit adalah salah satu yang akan didapatkan. Mulai dari kerutan kulit, penuaan dini, gigi kuning, hingga risiko terkena psoriasis yang tinggi. Selain gerakan merokok yang membuat kerutan di area mulut, kebiasaan ini juga akan menyempitkan pembuluh darah sehingga terjadi efek vasokonstriksi.

2. Rutin Mengoleskan Tabir Surya dan Merawat Kulit

Selain rokok, sinar UV (ultraviolet) juga memberikan efek buruk bagi kulit. Apalagi jika seseorang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, gangguan kulit seperti kulit terbakar, iritasi, kering, hingga kanker kulit bisa mengancam. Untuk melindungi kulit, oleskan krim tabir surya pada kulit yang tidak tertutup pakaian setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Kemudian oleskan ulang setiap 2-3 jam sekali agar kulit tetap terlindungi hingga sinar matahari tidak terik.

Selain itu, penting juga untuk merawat kulit secara menyeluruh dengan kebiasaan bersih. Beberapa tipsnya adalah melakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati, menggunakan serum vitamin C, serta rutin mengoleskan pelembap dan losion secara merata.

3. Menjaga Hidrasi Tubuh

Tubuh yang tercukupi kebutuhan cairannya akan lebih mudah menjaga kelembapan kulit. Sedangkan salah satu gejala dehidrasi adalah kulit yang kering. Jadi pastikan kamu minum air putih kurang lebih 8 gelas per hari. Kamu juga bisa mendapatkannya dari asupan makanan berkuah hingga buah dan sayuran segar dengan kadar air yang tinggi.

4. Tidur Cukup dan Berkualitas

Cara agar awet muda berikutnya adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Istirahat yang cukup akan mendukung tubuh dalam memperbaiki diri, termasuk kulit kita. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah mengelola stres. Banyak penelitian terkait tidur berkualitas yang cukup menjadi kunci pikiran dan tubuh yang sehat dalam jangka panjang.

5. Aktif secara Fisik

Awet muda juga bisa dilihat dari performa anggota badan dalam bergerak dan beraktivitas fisik. Kebugaran harus diusahakan sejak muda dengan rutin melakukan latihan atau olahraga. Cukup dengan 15-20 menit per hari, kamu telah mendukung kekuatan otot, tulang, dan sendi. Bahkan aktivitas fisik juga memberikan efek positif bagi kesehatan otak.

6. Mengurangi Asupan Sodium dan Gula

Makanan dengan kadar sodium yang tinggi dapat mengikat air sehingga tubuh akan cenderung cepat kembung, tidak nyaman, hingga penumpukan cairan yang menjadi salah satu penyebab pembengkakan jantung. Hal ini terjadi karena ginjal sulit mengeluarkan kelebihan cairan yang ditahan oleh garam. Sedangkan makanan dengan gula yang tinggi akan memberikan efek penuaan pada wajah. Termasuk efek inflamasi yang membuat kulit mudah mengalami peradangan. Jadi, batasi konsumsi garam dan gula sesuai saran Dinas Kesehatan, yaitu maksimal 4 sendok makan (50 gr) gula dan 1 sendok teh (2000 mg) garam atau sodium.

7. Memiliki Pola Makan Sehat

Kamu mungkin cukup bosan karena tips yang satu ini selalu muncul dalam berbagai tips menjaga kesehatan tubuh, termasuk agar awet muda. Namun faktanya memang pola makan sehat dengan gizi seimbang adalah bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Salah satu kandungan yang paling berpengaruh bagi kesehatan kulit adalah antioksidan karena kemampuannya dalam melindungi sel tubuh dari jahatnya radikal bebas. Tidak hanya memicu penuaan dini, radikal bebas juga menjadi salah satu faktor timbulnya kanker dan gangguan jantung. Buah dan sayur merupakan salah satu sumber antioksidan yang didapatkan dari makanan utama. Beberapa bahan makanan lainnya adalah teh hijau, coklat hitam, alpukat, tomat, ikan tinggi omega 3, makanan fermentasi seperti yogurt dan kimchi, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun kandungan ini juga bisa didapatkan dari suplemen. Laporan MedlinePlus² menunjukkan beberapa kandungan yang tinggi akan antioksidan, yaitu beta-karoten, lutein, selenium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Manfaatkan Suplemen Bila Diperlukan

Dari cara agar awet muda di atas terlihat bahwa kesehatan fisik dan mental lansia sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Apabila kamu termasuk dalam kategori orang yang rentan terhadap kekurangan asupan nutrisi dari makanan utama, maka mengonsumsi suplemen adalah salah satu cara untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh.

Enervon Gold mengandung vitamin C (90 mg), vitamin B kompleks, lutein (10 mg), serta minyak ikan (500 mg) dengan kebaikan omega 3 (350 mg), DHA, dan EPA. Hanya dengan mengonsumsinya satu kali per hari, kamu telah mendukung kesehatan tubuh. Produk ini juga sudah bisa diakses dengan mudah dari rumah melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Selma Mekic, dkk. 2023. Younger facial looks are associate with a lower likelihood of several age-related morbidities in the middle-aged to elderly. Diakses dari https://academic.oup.com/bjd/article/188/3/390/6979846
  2. MedlinePlus. Antioxidants. Diakses dari https://medlineplus.gov/antioxidants.html
  3. Kathleen Felton. 2024. Anti-Aging Skincare and Other Tips. Diakses dari https://www.health.com/beauty/best-anti-aging-tips
  4. Katey Davidson. 2021. 10 Foods That Support Healthy Aging. Diakses dari https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-support-healthy-aging#