Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang diterapkan di berbagai daerah atau kawasan besar di seluruh Indonesia memang berdampak kuat. Salah satu dampak yang sangat terasa adalah keberadaan kamu di rumah saja yang kurang lebih sudah ada yang satu bulan bahkan dua bulan.

Maklum, pembatasan ini dinilai sebagai sebuah langkah yang cukup efektif untuk menekan angka penularan Covid-19. Dengan pembatasan ini juga, titik keramaian yang disinyalir menjadi spot untuk penyebaran virus corona ini berangsur sepi.

 

 

Oleh karena itu, jadilah kamu dan sekeluarga yang seharusnya beraktivitas seperti biasa, tetap berada di rumah saja dulu. Nah buat kamu yang sedang work from home atau WFH dan badan sudah mulai terasa pegal-pegal, bisa jadi kamu terlalu banyak duduk di depan laptop sehingga jadi kurang berolahraga nih.

Berolahraga tidak perlu harus keluar rumah, kok. Beberapa pekerjaan rumah pun sebenarnya bisa dijadikan media untuk tubuh bergerak dan mengeluarkan keringat. Penasaran apa saja pekerjaan rumah yang dimaksud? Sila simak bahasan kali ini ya!

 

Mencuci Pakaian Tanpa Mesin Cuci

Iya dong! Kalau mencuci pakaian tetap dengan mesin cuci ya tidak jadi berolahraga, nih. Kamu bisa mengistirahatkan mesin cuci sejenak dengan gantinya otot-otot kamu siap untuk bergerak lagi nih. Menggosok, menyikat dan bahkan mengangkat ember-ember berisi air bilasan jadi olahraga buat kamu, nih!

Dilansir dari CNN Indonesia yang juga mengutip dari Medical Daily – mencuci pakaian dalam waktu satu jam ternyata bisa membantu kamu membakar kalori sebanyak 116. Bayangkan jika kamu menggandakan waktunya, berarti kalori yang kamu bakar juga semakin banyak. Alhasil, tubuh banyak bergerak dan makin sehat.

 

Menyapu dan Mengepel Lantai

Dua kegiatan pekerjaan rumah ini jika dilakukan seperti mendapat kombo, lho. Untuk menyapu rumah, setidaknya kamu akan membakar kalori sebanyak 80-100 kalori. Padahal itu bisa didapat hanya dalam kurun waktu setengah jam saja.

Bagaimana jika ditambah dengan mengepel? Lantai rumah yang sudah disapu akan lebih bersih lagi jika sekalian dipel. Nah ini juga jadi kombo yang sehat buat badan atau tubuh kamu agar terus aktif bergerak. Rumah jadi bersih dan badan serta tubuh jadi sehat!

 

Menata Kamar Supaya Tidak Cepat Bosan

Pertama kamu bisa mulai dari kamar tidur mu terlebih dahulu. Menata kamar tidak hanya menguras tenaga dan menggerakan otot-otot kamu saja, lho. Menata kamar juga memerlukan ide dan desain yang harusnya menghasilkan mood yang baik pula nantinya.

Jika kamar tidur sudah beres – kamu bisa beralih ke kamar-kamar lainnya untuk ditata ulang. Mengangkat sofa, lemari tv dan banyak peralatan lainnya bisa membuat otot-otot kamu terasa segar kembali, lho!

 

Bagaimana Kalau Coba Berkebun!

Jika urusan di dalam rumah sudah beres – mengapa tidak mencoba hal yang satu ini: berkebun! Masih dari CNN Indonesia – berkebun ternyata menjadi salah satu jenis terapi yang membantu meningkatkan kesehatan mental dan menghilangkan stress serta cemas.

Daripada kamu tertekan dengan berita-berita bernuansa negatif terkait pandemi Covid-19 ini, lebih baik coba berkebun untuk mengurangi tekanan yang ada, nih. Otot-otot juga segar dan pikiran menjadi lebih sehat dan fresh!

 

 

Wah bagaimana nih? Kamu sudah merencanakan mau coba yang mana dulu? Disarankan coba kegiatan dari yang di dalam rumah dulu ya!

 

Feature Image – semaranginside.com