Setiap orangtua pasti bahagia ketika memiliki bayi kecil yang manis, lucu, dan sehat. Namun, saat menerima kelahiran bayi tidak sedikit orangtua yang merasa gugup, bingung, dan sering menemukan banyak kendala. Terlebih lagi ketika orangtua bayi tersebut adalah orangtua baru.

Agar tidak menemukan kendala dalam merawat bayi yang baru lahir, ada beberapa fakta penting yang wajib diketahui oleh orang tua bayi yang baru lahir. Apa saja fakta tersebut? Berikut ulasannya:

1. Bayi baru lahir menyusu lebih sering

Credit: Topmedia

Baru yang baru lahir akan menyusu pada ibunya setiap 1 sampai 2 jam sekali. Selain itu, bayi yang baru lahir juga akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, yaitu sekitar 16 sampai 18 jam setiap harinya. Saat bayi lapar, tanda yang paling sering ia berikan adalah menangis, mengisap jari tangan atau mengecap.

2. Kulit bayi baru lahir sangat sensitif

Credit: Tribunnews

Dibandingkan kulit anak- anak atau orang dewasa, kulit bayi masih sangat sensitif. Untuk itu, pastikan bahwa kulit bayi kamu selalu bersih, beri pakaian yang bersih, dan hindari bayi dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya.

3. Bayi baru lahir butuh kehangatan

Credit: Jawapos

Bayi yang baru lahir belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Bayi juga membutuhkan kehangatan yang lebih ekstra. Demi menjaga kehangatan tubuh bayi, kamu bisa memakaikan bayi mu pakaian yang panjang, halus, dan hangat. Kamu juga bisa memberinya selimut, memakaikan kaos kaki hingga membedong tubuh bayi.

4. Bayi baru lahir rentan gumoh (spitting up, atau refluks gastroesofageal)

Credit: Hipwee

Gumoh adalah kondisi dimana bayi mengeluarkan susu atau ASI yang telah diminumnya. Dalam dunia medis, gumoh disebut sebagai spitting up. Saat bayi gumoh, kamu tidak perlu panik. Sebaiknya, segera posisikan tubuh bayi pada posisi tegak kurang lebih selama 30 menit setiap kali selesai menyusu. Selain itu, segera bersihan dan ganti baju bayi yang sudah terkena gumoh agar kulitnya tidak iritasi atau mengalami masalah.

5. Tali pusat bayi baru lahir harus dirawat dengan tepat

Credit: Kumparan

Dalam merawat tali pusat pilihlah cara yang tepat, agar kebersihan tubuh bayi tetap terjaha. Jika kamu menemukan ada yang tidak beres dengan tali pusat bayi, maka segera periksakan ke dokter. Tali pusat ini sendiri biasanya akan putus setelah 7 hari kelahiran.

 

Featured Image - Intisari Grid