Dalam physical distancing alias jaga jarak terutama ketika sedang di tempat umum.

 

Credit: mirror.co.uk

Namun, studi baru mengatakan bahwa menjaga jarak sejauh 2 meter mungkin tidak cukup untuk menghindari penularan virus corona pada beberapa kondisi dan skenario. Ini terutama pada penularan melalui udara. Jarak yang dianjurkan tersebut hanya untuk menghindari kontak dengan aerosol seseorang yang sudah mengandung virus dan tersebar saat ia melakukan batuk atau bersin.

"Pemahaman kami tentang mekanisme penularan virus melalui udara tidak lengkap. Sangat penting memutuskan skenario yang memungkinkan terjadinya transmisi jarak ini dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan (kecepatan angin, kelembaban relatif, dan suhu)," ungkap Wakil Presiden Kemitraan Global di Universitas Nicosia, Profesor Dimitris Drikakis.

"Oleh karena itu, kami bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang transfer pembawa partikel udara ke manusia, melalui pemodelan dan simulasi penggandaan aliran cairan tetesan tingkat lanjut," lanjutnya yang dikutip dari Detik.com

Dalam rangka membukikan hal tersebut,  Drikakis dan Talib Dbouk, dari Universitas Nicosia, melakukan penelitian dan mempraktekkan bagaimana air liur dapat mengalir di udara saat batuk menggunakan simulasi dinamika flurida komputasi. Dalam simulasi ini, mereka juga memperhitungkan faktor yang bisa mempengaruhi penyebaran virus, seperti  suhu, kelembapan, kecepatan angin, dan juga tekanan.

Hasil simulasi menunjukkan bahwa saat angin bertiup ringan sekitar 4km/jam,  dapat menyebarkan air liur sejauh lebih dari 6 meter dalam waktu lima detik saja. Hal ini membuktikan bahwa ada peluang yang cukup besar untuk menularkan virus Covid-19.

Credit: rugbyadvertiser.co.uk

Pesan utama yang ingin disampaikan dari penelitian ini adalah menjaga jarak sejauh 2 meter mungkin tidaklah cukup. Konsentrasi tetesan saat batuk dan bersin secara signifikan dapat mencapai jarak yang cukup jauh.

Kedepannya, Drikakis dan Talib Dbouk akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 melalui udara jika sedang memakai masker. Dan mereka pun juga akan terus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi yang ada di sekitarnya, sehingga tahap pencegahan pun terus dilakukan.

 

Featured Image - people.com

Source - detik.com