Teh hijau dan teh oolong sering disebut sebagai jenis teh yang menyehatkan dan memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Kedua teh tersebut sama sama mengandung antioksidan, dapat mengurangi resiko berbagai penyakit, bahkan dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan

Teh hijau serta teh oolong berasal dari daun tanaman yang sama, dan kandungan nutrisinya pun sangat mirip.Kedua teh ini mengandung kafein, antioksidan, mineral berupa kalium dan fluor, magnesium, dan juga mangan.

Meskipun kandungan dan memiliki manfaat yang hampir sama, tetapi masih banyak yang bingung, jenis teh manakah yang lebih baik. Untuk menentukan mana jenis teh yang lebih menyehatkan, berikut adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangannya.

1. Menurunkan berat badan

Credit: Jawa Pos

Teh hijau atau teh oolong sama- sama memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Keduanya bekerja dengan cara meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak sehingga jumlah kalori yang dibakar menjadi lebih banyak.

Dengan mengonsumsi teh hijau, maka dapat meningkatkan laju pembakaran lemak sebesar 17 persen. Teh oolong juga memiliki manfaat serupa, tapi peningkatannya lebih kecil yaitu 12 persen.

2. Melindungi tubuh dari penyakit

Credit: Top Media

Kedua teh ini juga sama- sama mengandung antioksidan yang disebutin katekin. Senyawa ini berpotensi mencegah pembentukan plak kolesterol, menjaga kadar gula dalam darah, menghambat pertumbuhan kanker, bahkan melindungi otak dari penyakit Alzheimer.

Meski begitu, katekin pada teh hijau lebih tinggi dibandingkan teh oolong. Namun, bukan berarti konsumsi teh oolong tidak memberikan manfaat sebaik teh hijau ya! Karena teh oolong juga memiliki antioksidan yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Credit: Jawa Pos

Selain bersifat sebagai antioksidan, katekin pada teh hijau juga dapat membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Mengonsumsi teh hijau secara rutin berpotensi menurunkan risiko karies gigi dan mencegah bau mulut.

Di sisi lain, teh oolong ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan gigi, tapi juga tulang. Dengan rutin meminum teh oolong, maka tingkat kepadatan tulang akan bertambah, serta dapat mencegah terjadinya keropos pada tulang.

Credit: Jawa Pos

Teh hijau dan teh oolong memiliki kandungan nutrisi yang mirip sehingga manfaatnya tidak jauh berbeda. Akan tetapi, kandungan antioksidan yang lebih tinggi pada teh hijau membuatnya tetap berada di peringkat teratas sebagai teh yang paling menyehatkan.

Namun, bukan berarti teh lain tidak memiliki manfaat kesehatan. Apapun jenis teh yang kamu sukai, sebaiknya tetap dikonsumsi secara rutin untuk memperoleh khasiatnya.

 

Featured Image - Halodoc