poin penting dari protokol kesehatan buat kamu yang sedang menghadapi new normal. Ingat, walau kamu sudah diperbolehkan untuk kembali melakukan aktivitas seperti pergi ke kantor lagi, namun virus tersebut masih ada di luar sana sehingga kamu mesti tetap berhati-hati.

Tetap waspada akan virus corona, Namun penggunaan masker terlalu lama dan terlalu sering juga bisa menimbulkan masalah baru. Masalah baru yang dimaksud adalah masalah kulit wajah.

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang dermatologis dari Manhattan, Amerika Serikat – Dr. Whitney Bowe mengatakan kalau masker akan memperburuk masalah pada wajah ketika memang di wajah sudah ada masalah kulitnya.

 

 

Hal ini dikarenakan oleh udara panas dan kelembapan yang terakumulasi terkait dengan lamanya penggunaan masker. Tentu, masalah kulit wajah yang bisa dengan mudah muncul karena penggunaan masker adalah masalah jerawat.

Lalu bagaimana mengatasinya? Tenang, di bawah ini – setidaknya ada tiga cara sederhana untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat karena pemakaian masker yang terlalu lama. Penasaran apa saja caranya? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

3 Cara Atasi Masalah Kulit Karena Masker

credit image: urbanasia.com

 

Kamu Pilih Bahan Masker yang Tepat

Sekarang ini, banyak sekali masker dengan berbagai jenis bahan. Untuk menghindari masalah kulit seperti jerawat, kamu mesti pintar memilih bahan masker yang cocok dengan kulit wajah kamu. Dermatologis menyarankan untuk masker kain berbahan 100% katun.

Terlepas dari bahan masker kain yang mesti katun, kamu juga mesti sering mengganti masker kalau sering digunakan dan udara yang panas. Untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan, minimal kamu membawa 3 buah masker untuk saling ganti.

Jika kamu sudah berkeringat, wajah mengeluarkan minyak, kotoran tentu akan mudah untuk menempel. Hal ini bisa menimbulkan masalah kulit wajah seperti jerawat. Oleh karena itu, kamu mesti sering menggantinya kalau memang beraktivitas di luar dalam periode waktu yang panjang.

 

Perhatikan Perawatan Kulit Kamu

Ada kemungkinan kalau masalah kulit wajah seperti jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker juga didukung oleh perawatan wajah dengan berbagai produk kecantikan. Hal ini membuat kamu mesti mengetahui skin care mana yang cocok buat harian dan masker yang kamu gunakan.

Masih dari situs yang sama, disarankan kamu untuk menggunakan pelembap dengan fungsi ganda. Selain bisa melembapkan kulit, bisa juga untuk melindungi kulit dari gesekan yang dihasilkan oleh masker kain yang kamu gunakan.

 

Make Up Secukupnya

Jika keadaannya memungkinkan, kamu perlu menghindari pemakaian make up yang berlebihan. Kalau bisa, kamu cukup menggunakan pelembap kulit dan tabir surya saja.

Hal ini terkait dengan kondisi ketika wajah mu mulai berkeringat, dan kamu menggunakan masker serta make up yang berlebihan, berpotensi lebih tinggi untuk memunculkan masalah kulit wajah seperti jerawat. Oleh karena itu, disarankan kamu juga membawa micellar water atau cairan pembersih wajah lainnya untuk langkah membersihkan wajah dengan tepat.

 

 

Terlepas dari hal di atas – satu hal yang tidak bisa kamu tinggalkan adalah langkah untuk mencuci secara rutin dan bersih masker-masker yang kamu gunakan. Sehingga kamu jadi lebih tenang karena tahu kalau masker yang kamu gunakan pasti bersih dan aman untuk kulit wajah.

 

Feature Image – tribunnews.com