Banyak penelitian yang telah mengungkap manfaat teh hijau bagi kesehatan. Selain teh hijau, jenis teh hitam juga memiliki banyak manfaat dalam mencegah obesitas dan meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan Polifenol yang terdapat dalam teh hitam, dipercaya dapat mengubah proses metabolisme energi di hati (liver) dengan cara mengubah metabolit bakteri di usus.

Manfaat polifenol dalam teh hitam untuk menurunkan berat badan

Credit: Fimela

Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa teh hitam memiliki potensi untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan polifenol pada teh hitam dapat menghambat enzim pencernaan lipase. Enzim lipase ini berfungsi untuk mencerna makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Dan dengan terhambatnya enzim pencernaan lipase, beberapa lemak jadi tidak akan diserap, melainkan dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, dengan mengonsumsi teh hitam juga dipercaya dapat meningkatkan pembakaran energi atau kalori yang cukup untuk tubuh.

Manfaat kafein dalam teh hitam untuk meningkatkan metabolisme

Credit: Jawa Pos

Ketika kamu minum secangkir teh hitam, kamu akan mendapatkan 30 sampai 80 miligram kafein. Kafein dapat mendorong proses pemecahan lemak tubuh serta merangsang siklus tubuh yang memetabolisme lemak. Selain itu, kafein juga dapat membantu mempertahankan penurunan berat badan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Akan tetapi, kandungan kafein yang terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Karena itu, batasi konsumsi teh hitam hingga paling banyak lima cangkir sehari.

Manfaat teh hitam untuk mengurangi asupan kalori

Credit: Jawa Pos

Selain manfaat potensial dari polifenol dan kafein, teh hitam akan membantu menurunkan berat badan jika kamu meminumnya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi seperti soda atau minuman kemasaan. Secangkir teh hitam hanya mengandung dua kalori.

Jika kamu memiliki kebiasaan minum minuman manis, gantilah dengan teh hitam tanpa gula sehingga dapat mengurangi sejumlah besar asupan kalori harian. Jika kamu ingin tetap merasakan ada rasa manis pada minuman, boleh tambahkan madu pada teh hitam.

Selain itu, dengan rutin mengonsumsi teh hitam dapat membantu mengendalikan asupan kalori serta membakar beberapa kalori tambahan pada tubuh.

 

Featured Image - Hello Sehat