Saat akan berpergian jauh bersama anak, banyak hal yang harus kamu siapkan. Selain makanan dan obat- obatan penting, stok camilan sehat untuk anak juga wajib dibawa. Dengan membawa camilan untuk si kecil selama melakukan perjalanan jauh dapat menghindari anak menjadi lemas, rewel atau merasa bosan selama perjalanan.

Membeli makanan ringan di jalan memang terbilang cepat dan praktis. Namun, belum tentu aman dan sehat untuk anak. Dibanding harus membeli makanan siap saji, ada baiknya kamu siapkan bekal camilan sehat untuk anak selama di perjalanan.

Apa saja camilan sehat yang sebaiknya kamu siapkan untuk si kecil? Berikut penjelasannya.

1. Granola bar dan yogurt

Credit: Good Housekeeping

Granola bar adalah camilan dengan bahan utama oat dan kacang- kacangan, yang ditambah buah kering dan sedikit madu sebagai pelengkap. Granola mengandung serat tinggi yang baik untuk melancarkan kerja sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, hingga membuat perut kenyang lebih lama.

Ukurannya yang kecil dengan bentuk yang mudah digenggam membuat granola bar mudah dimakan anak meski sedang berada di dalam mobil, kereta api, pesawat, atau kapal laut.

 

Kandungan granola bar juga kaya akan karbohidrat dan protein sehingga bisa membantu menambah asupan energi anak. Selain itu, granola juga dapat disajikan dengan yogurt tanpa lemak yang banyak terdapat protein dan kalsum di dalamnya.

2. Popcorn

Credit: Women's Health

Popcorn terbuat dari jagung yang mengandung karbohidrat, serat, dan protein. Jika ingin membuat popcorn yang lebih sehat, kamu bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun untuk menambahkan rasa gurih. Kemudian, masak popcorn di atas kompor dan hindari menggunakan microwave.

Kamu bisa tambahkan dengan bahan lain seperti lada, bawang putih, kayu manis, sayuran atau buah kering, agar anak makan lebih banyak serat.

Selain lebih bergizi, Popcorn juga mudah dibawa karena tidak perlu takut tumpah sekaligus mengenyangkan perut.

3. Muffin isi sayuran

Credit: Vemine

Jika anak hobi makan camilan manis juga gurih, muffin bisa jadi salah satu sajian pilihan yang tepat. Komposisi dari tepung, telur, dan sedikit minyak zaitun yang dicampur bersama bahan-bahan pelengkap lainnya bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

Agar semakin terasa lezat tapi tetap sehat, kamu bisa berkreasi sendiri dengan menambahkan potongan sayur, buah-buahan, oat, maupun kacang-kacangan ke dalam setiap muffin.

4. Potongan buah berbalut selai kacang

Credit: Food Detik

Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan camilan untuk anak, kamu bisa menyediakan beberapa buah segar favorit si kecil dan setoples selai kacang.

Jika kamu takut warna buah berubah karena proses oksidasi setelah dipotong, bawa buah dalam keadaan utuh lalu potong kapan pun anak menginginkannya selama di perjalanan.

Selain itu, kamu juga bisa membawa pisang yang mudah dimakan dan dikupas atau buah apel yang sudah dicuci kulitnya sehingga bisa langsung dimakan, tidak perlu dikupas atau dipotong. Kemudian, oleskan selai kacang untuk menambah rasa dan nutrisi pada buah.

 

Featured Image - Parenting Club