Salah satu faktor yang menunjang kenyamanan selama penerbangan adalah posisi duduk di dalam kabin pesawat.

Saat memilih tempat duduk di pesawat, ada banyak pertimbangan yang biasanya menjadi alasan mengapa kamu ingin duduk di bagian tersebut. Misalnya saja jika kamu sering ke toilet, maka tempat duduk di dekat lorong kabin pesawat adalah tempat terbaik. Namun, bagi kamu yang ingin tidur tanpa gangguan selama perjalanan, pasti lebih memilih untuk duduk di dekat jendela.

Bagi kamu yang tetap ingin terbang dengan maskapai berbiaya rendah namun rela membayar lebih untuk mendapatkan tempat duduk idaman, berikut ini ada tips dalam memilih seat di pesawat yang bisa jadi referensi kamu.

1. Di Belakang Sayap

Credit: Tribunnews

Ttempat duduk yang berada di belakang area sayap hingga bagian ekor pesawat memiliki kemungkinan 40% selamat dari bahaya kecelakaan pesawat dibandingkan penumpang yang duduk di deretan depan. Bahkan kemungkinan selamat juga semakin besar jika kamu memilih duduk di bagian lorong karena bisa melakukan evakuasi dengan cepat jika terjadi sesuatu.

Jika kamu termasuk orang yang sangat mementingkan aspek keamanan dan keselamatan selama penerbangan, pilihlah tempat duduk di deretan belakang pesawat.

2. Dekat Jendela

Credit: Liputan6

Posisi tempat duduk di samping jendela merupakan favorit bagi sebagian penumpang. Hal ini karena kamu bisa melihat pemandangan dari ketinggian.Selain itu, sebagian penumpang memilih seat ini karena tidak ingin diganggu selama penerbangan.

Namun, jika kamu berniat untuk menikmati pemandangan, jangan memilih tempat duduk dekat dengan area sayap karena pandangan kamu akan terhalang sayap pesawat.

3. Duduk di Deretan Depan

Credit: Tribunnews

Tempat duduk di posisi ini pas sekali bagi kamu yang ingin selalu cepat — cepat saat turun dari pesawat karena biasanya penumpang barisan depan selalu keluar di awal.

Selain itu, lokasi pintu darurat di bagian depan pesawat juga lebih mudah dijangkau bagi kamu yang duduk di deretan depan. Namun biasanya biaya untuk ‘membeli’ seat ini lumayan mahal.

4. Duduk Di Dekat Lorong (Aisle)

Credit: Liputan6

Memilih duduk di deretan kursi dekat lorong (aisle) memungkinkan kamu memiliki ruang kaki yang lebih lega karena kamu bisa meluruskan kaki dengan leluasa di lorong kabin. Namun ketika kamu duduk di dekat lorong, kamu harus siap ‘diganggu’ penumpang lain yang ingin ke toilet.

5. Duduk Di Belakang Dinding (Bulkhead)

Credit: Hipwee

Jika kamu terbang dengan pesawat yang cukup besar dan memiliki kelas berbeda,  tempat duduk di belakang dinding pembatas kelas bisnis dengan ekonomi atau kabin dengan toilet (area bulkhead) bisa jadi pilihan yang tepat, terutama bagi kamu yang terbang bersama anak-anak. Hal ini karena memiliki ruang yang cukup jika membawa keranjang untuk bayi maupun ketika anak-anak bermain di dalam kabin.

Kamu sudah dapat pencerahan soal pemilihan tempat duduk di pesawat? Nah, ketika kamu akan berpergian nanti jangan lupa pilih tempat duduk favorit kamu ya agar penerbangan lebih nyaman dan menyenangkan!

 

Featured Image - IDN Times