Selain kulit tubuh, kulit kepala ternyata juga bisa terbakar matahari. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang berambut tipis dan sering beraktivitas di bawah terik matahari.

Saat kulit kepala terbakar sinar matahari, pasti muncul rasa tidak nyaman, kemerahan, rasa perih, gatal, hingga muncul lepuhan berair. Agar kondisi ini bisa segera membaik, ada beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan dirumah, yaitu:

1. Mandi air dingin

Credit: Merdeka

Mandi air dingin dapat membantu meredakan rasa sakit dan panas yang kamu alami karena kulit kepala terbakar matahari. Cara ini termasuk yang paling mudah untuk dipraktikkan di rumah.

Jika kamu malas untuk bolak balik ke kamar mandi, kamu dapat mengompres atau siramkan air dingin ke kepala setiap kali terasa panas atau nyeri.

2. Hindari pemakaian produk perawatan rambut

Credit: Fimela

Ketika kulit kepala terbakar matahari, sebaiknya hindari pemakaian berbagai produk perawatan rambut untuk sementara. Semakin banyak bahan kimia yang digunakan di rambut, resiko iritasi akan semakin meningkat. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menggunakan produk yang penting-penting saja seperti sampo.

3. Gunakan sampo berbahan ringan

Credit: Hipwee

Saat kulit kepala sedang dalam masa penyembuhan setelah terbakar sinar matahari, sebaiknya kamu gunakan sampo yang berbahan ringan untuk menghindari meningkatnya resiko iritasi.

Hindari menggunakan sampo yang mengandung alkohol dan sulfat agar kulit kepala tidak kering dan iritasi tidak semakin parah. Selain itu,, hindari juga kondisioner dengan bahan dimetikon. Kandungan dimetikon di dalam kondisioner bisa menyumbat pori dan menjebak panas. Akibatnya, kulit kepala dapat semakin parah.

4. Mengeringkan rambut secara alami

Credit: Jawa Pos

Jika kamu terbiasa mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan ini. Udara panas dari pengering rambut dapat membuat proses penyembuhan kulit kepala semakin lama. Sebaiknya, gunakan kipas angin atau biarkan rambut mengering dengan sendirinya.

5. Melembapkan kulit kepala

Credit: Fimela

Mengoleskan minyak kelapa dan gel lidah buaya dapat membantu mempercepat penyembuhan kulit kepala kamu. Agar rambut tidak terlihat berminyak saat beraktivitas, gunakan minyak kelapa atau gel lidah buaya ini di malam hari sebelum tidur.

Kemudian, gunakan handuk untuk alas kepala kamu agar tidak langsung mengenai bantal. Dan kamu bisa keramas seperti biasa pada esok harinya.

 

Featured Image - CNN Indonesia