Bekerja dengan tenggat waktu atau deadline memang terkadang membuat stress. Memikirkan soal deadline yang semakin dekat sementara pekerjaan tidak kunjung selesai dapat menambah tingkat stress. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, kondisi kesehatan kamu bisa menurun dan akhirnya jatuh sakit.

Nah, biar tidak gampang stres menghadapi deadline ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Beberapa tips dibawah ini bisa kamu coba agar setiap pekerjaan bisa dinikmati dan dijalani dengan tenang.

1. Tandai kalender

Credit: Liputan6

Dalam mencatat deadline pekerjaanmu, kamu perlu kalender khusus untuk mencatatnya. Kamu dapat memakai kalender yang biasa atau menggunakan aplikasi kalender hingga memo di smartphone kamu. Catat semua jadwal deadline agar tidak ada yang terlewat.

2. Dahulukan yang lebih penting

Credit: Jawa Pos

Dari semua pekerjaan yang harus diselesaikan, sebaiknya kamu pilih yang lebih penting dan mendesak terlebih dahulu, kemudian tandai pekerjaan apa yang harus kamu kerjakan.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena, kadang yang membuat stress dalam bekerja adalah bingung harus mulai dari mana, dan hal ini akan berujung pada kerjaan yang tidak kunjung selesai.

3. Pecah setiap pekerjaan jadi bagian-bagian kecil

Credit: Hipwee

Agar kamu tidak mudah stress dalam menghadapi deadline, ada baiknya kamu membagi pekerjaan menjadi bagian- bagian kecil. Misalnya, kamu harus membuat laporan yang terdiri dari 10 halaman, kamu bisa membaginya dengan membuat 2 halaman dalam satu jam. Dan tetapkan target dari setiap bagian pekerjaan yang dibuat.

Dengan cara ini, sedikit demi sedikit pekerjaan kamu dapat selesai tepat waktu. Karena seringkali yang menyebabkan kamu gampang stres adalah membayangkan besarnya dan beratnya pekerjaan yang ada.

4. Pastikan ada jeda waktu khusus untuk istirahat

Credit: Kumparan

Hal ini merupakan yang paling penting. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk bekerja keras sampai melupakan kondisi kesehatan sendiri. Dalam jadwal kerja yang kamu buat, luangkan waktu khusus untuk beristirahat sehingga tubuh dapat tetap fit dan sehat.

5. Cari bantuan atau support

Credit: Hipwee

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari rekan kerja atau orang- orang disekitar untuk memudahkan pekerjaanmu. Selain itu, sekedar dukungan atau semangat dari orang- orang terdekat pun bisa membuat kamu semakin terpacu dalam bekerja.

Kamu juga bisa memberi atau menyiapkan reward untuk diri sendiri setiap kali ada deadline yang tercapai. Entah itu dengan memanjakan diri ke salon, menikmati makanan kesukaan sampai puas, atau sekadar mengizinkan diri tidur lebih lama di akhir pekan untuk istirahat.

 

Featured Image - Alodokter