Meskipun kamu seorang multitasker, padatnya kegiatan sehari- hari seringkali membuatmu pusing untuk melakukan semua hal tersebut. Bahkan, terkadang kamu merasa bingung sendiri karena tidak memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan tugas yang ada. Dan ada saatnya timbul rasa malas serta ada keinginan untuk menunda pekerjaan.

Padahal, waktu yang kamu pakai untuk menunda pekerjaan dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Semakin sering menunda, semakin lama pula selesainya.

Nah, untuk kamu yang sering merasa tidak punya waktu dan memiliki banyak pekerjaan, yuk simak tips berikut ini agar tidak lagi menunda pekerjaan.

1. Jauhkan dirimu dari ponsel ataupun televisi

Credit: Topmedia

Fokus adalah kunci utama agar pekerjaanmu cepat selesai dengan hasil yang baik dan maksimal. Maka dari itu, cobalah untuk mematikan segala hal yang bisa mengganggumu, seperti ponsel atau televisi. Suara notifikasi dari handphone dapat mengganggumu dalam mengerjakan tugas dan bisa membuat kamu lupa waktu.

2. Jangan berpikir terlalu lama

Credit: Jawapos

Berpikir terlalu lama dengan memikirkan hal- hal yang tidak penting diluar kerjaan bisa menyita waktumu dan akan menimbulkan rasa khawatir yang lebih besar. Jika mengganggu, maka segera selesaikan masalah tersebut setelah kamu menyelesaikan pekerjaanmu.

Selain itu, kamu bisa memberikan batas waktu untuk berpikir mengenai masalah tersebut dan setelah itu langsung mengerjakan tugas yang ada.

3. Mulailah pada bagian yang kamu sukai atau mudah

Credit: Jawapos

Dengan melakukan suatu hal yang kamu anggap mudah dan sukai, kamu akan merasa nyaman serta percaya diri dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan selama mengerjakannya, kamu tidak akan merasa bosan maupun menganggap pekerjaan itu adalah beban.

4. Pasang target dan pencapaian kecil dalam prosesnya

Credit: Hipwee

Kamu bisa memberikan self-reward seperti membeli makanan favoritmu setelah menyelesaikan salah satu pekerjaan kamu. Dengan begini kamu akan merasa bahagia serta lebih tertantang untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Menunda sesuatu ada baiknya jika tahu batasan. Ada baiknya jika sudah mendapatkan suatu kewajiban, maka pergunakanlah waktu sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan maksimal. Dan dengan begitu, kamu akan merasa tenang tanpa harus memikirkan pekerjaan.

 

Featured Image - Liputan6