Sepatu yang sempit dan terlalu sering dipakai ternyata bisa menyebabkan kamu kamu melepuh. Jika hal ini sudah terjadi, apa pun sepatu yang kamu pakai pasti akan terasa tidak nyaman.

Lepuhan pada kaki biasanya disebabkan oleh gesekan dan tekanan yang juga menimbulkan rasa sakit. Pertama-tama, akan muncul benjolan berisi darah. Biasanya, kondisi muncul sebagai strategi pertahanan dari tubuhmu. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi kulit yang ada di dalam dari cedera lebih lanjut.

Pada umumnya, kaki melepuh akan membaik seiring dengan berjalannya waktu. Namun, kamu tetap harus menghindari menggunakan sepatu yang bisa melukai lepuhan pada kaki. Nah, berikut beberapa cara untuk mempercepat proses penyembuhannya.

1. Kompres dengan es

Credit: Hipwee

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengompres area yang melepuh dengan es batu yang sudah dibalut dengan handuk. Usahakan tidak terlalu menekan area tersebut agar tidak memperburuk kondisi kulit yang ada di bawahnya.

2. Mengeringkan lepuhan

Credit: Hipwee

Kamu pasti ingin memecahkan benjolan yang ada pada kaki, namun hal tersebut bisa membuat infeksi semakin parah. Akan tetapi, jika sudah terlanjur dilakukan, segera lindungi benjolan yang sudah terbuka itu dengan perban atau plester.

3. Ganjal kaki dengan bantal

Credit: Liputan6

Salah satu mengatasi kaki yang melepuh akibat pemakaian sepatu adalah dengan mengangkat kaki kemudian mengganjalnya dengan bantal. Hal tersebut dilakukan agar peredaran darah ke area yang meradang dapat berkurang. Dan usahakan untuk tidak mengangkat kaki lebih dari 45° dan tahan sampai 20 menit.

4. Jangan dulu pakai sepatu atau kaus kaki

Credit: Hellosehat

Jika kaki kamu sedang melepuh, usahakan untuk mengurangi pemakaian sepatu dan kaos kaki. Hal tersebut dapat memperburuk kondisi kulit karena terjadi gesekan. Selain itu, cobalah untuk mengganti sepatu dengan sandal yang terbuka agar luka pada kakimu bisa cepat mengering. 

Tips mencegah kulit kaki melepuh

Credit: Gulalives

Setelah berhasil menyembuhkan kaki yang melepuh, kamu harus memperhatikan hal- hal berikut ini agar kakimu tidak kembali melepuh.

1. Gunakan kaos kaki yang bersih dan sepatu yang cocok dengan ukuran kaki kamu.

2. Usahakan untuk tidak berlama-lama memakai sepatu berhak tinggi.

3. Hentikan apapun yang sedang kamu lakukan jika merasakan tekanan dan gesekan sekaligus pada kaki.

4. Upayakan agar kakimu tetap kering dengan menggunakan bedak kaki untuk mengurangi keringat.

5. Jagalah kaki kamu agar tetap kering dan hindari penggunaan sepatu yang terlalu sempit. Hal-hal yang mungkin dianggap sepele ini justru dapat mencegah kulit kaki menjadi melepuh.

 

Featured Image - Alodokter