Jaman sekarang bekerja tidak harus selalu dari kantor. Banyak orang yang lebih memilikih bekerja dari rumah. Selain tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk transportasi, bekerja dari rumah juga bisa mengurangi tekanan dari atasan.

Namun, karena merasa tidak diawasi, kamu cenderung jadi malas- malasan dan malah membuat kinerja menjadi buruk yang dapat menghambat kesuksesan.

Agar kamu tetap sukses dan produktif meski bekerja dari rumah, kamu bisa melakukan beberapa hal, yaitu:

1. Komunikasi

Credit: Hipwee

Komunikasi yang baik adalah kunci dibalik kesuksesan saat bekerja di rumah. Jika kamu tidak berkomunikasi dengan baik, maka pekerjaan pun akan menjadi terganggu.

Komunikasi yang baik tidak hanya tentang seberapa banyak kamu melakukan komunikasi, tetapi lebih berkaitan informasi yang disampaikan harus jelas, ringkas, dan padat.

2. Tetap Terorganisir dan Bekerja Efisien

Credit: Jawapos

Meskipun sudah handal dalam pekerjaan, namun kamu harus tetap berhati- hati. Jika kamu tidak berhati- hati dalam mengelola dan mengerjakan semua tugas, maka kamu akan gagal saat bekerja di rumah.

Tetaplah disiplin meskipun tidak ada atasan di rumahmu. Dengan begitu, semua tugas yang kamu miliki dapat selesai dengan waktu yang lebih cepat. Selain itu, buatlah prioritas tugas yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

3. Yakinkan Orang Kantor, Anda Dapat Diandalkan

Credit: Jawapos

Bekerja dari rumah tentunya membutuhkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dibandingkan bekerja di kantor. Meskipun atasan tidak dapat melihatmu, namun mereka tetap bisa mengawasi hasil pekerjaan kamu.

Untuk itu, buatlah rekan kerja atau atasan yakin jika kamu dapat diandalkan melakukan tugas ini meskipun tidak berada di kantor. Dengan begitu, ini akan meningkatkan nilaimu sebagai pegawai jarak jauh.

4. Pastikan Koneksi Internet Rumah Bekerja dengan Baik

Credit: Okezone

Saat bekerja di rumah, koneksi internet tentunya menjadi hal yang sangat penting. Semua pekerjaan atau perintah yang diberikan, tentunya membutuhkan jaringan internet yang kuat.

Untuk itu, perhatikan lagi koneksi internet yang ada di rumah kamu. Jika masih belum baik, maka perbaikilah agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

5. Atur Waktu Tidur Sebaik Mungkin

Credit: Liputan6

Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti tidak ada kepastian waktu selama kamu bekerja. Jika kamu terlalu memforsir diri selama bekerja di rumah, hal ini akan memberikan efek buruk pada kesehatan.

Tetaplah jaga kesehatanmu dengan cara berolahraga dan atur waktu tidurmu sebaik mungkin. Dengan tidur yang cukup, kamu akan jadi lebih fokus dalam bekerja dan membuat tubuhmu tetap berenergi.

6. Buat Jadwal Kerja

Credit: IDNTimes

Bekerja dirumah bukan berarti kamu bisa bebas menggunakan waktu untuk terus bekerja atau bahkan hanya untuk leha-leha. Jika begini, hasil pekerjaan akan jadi tidak maksimal. Buatlah jadwal jam kerjamu dan jangan lupa sisipkan waktu istirahat sejenak untuk makan siang.

 

Featured Image - Cosmopolitan