Musim pancaroba memang identik dengan penyakit flu dan juga demam. Cuaca dan suhu udara yang tidak menentu, menjadi penyebab penyakit mudah menular ke orang- orang yang ada di sekitar kita.

Jika kamu ingin terhindar dari flu atau demam dapat dilakukan dengan meminum obat pencegah demam disaat tubuh sudah mulai terasa tidak enak dan mencuci tangan lebih sering. Namun, di antara itu sebenarnya masih banyak cara untuk meningkatkan imun tubuh kita. Bukan dengan obat-obatan, namun dengan menggalakkan kebiasaan hidup sehat.

Berikut sembilan cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

1. Istirahat yang Cukup

Credit: Hipwee

Terjaga atau bangun sepanjang malam dapat merusak sistem kekebalan tubuhmu. Bagi kamu yang tidak memberikan tubuh waktu istirahat yang layak akan mudah diserang penyakit maupun virus. Dan jika hal ini terus dilakukan, maka kekebalan tubuh pun akan semakin lemah serta tidak mampu melawan virus.

2. Konsumsi Bawang Putih

Credit: Jawapos

Mengunyah bawang putih mungkin menjadi hal yang enggan untuk kamu lakukan. Namun, ternyata mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya untuk meningkatkan sistem imun tubuh, bawang putih juga dapat mencegah penyakit jantung.

Untuk menikmati khasiat bawang putih tanpa takut akan membuat aroma mulut memburuk, kamu bisa mencampur bawang putih mentah ke makananmu. 

3. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Credit: kumparan.com

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin C. Health Cleveland Clinic menjelaskan bahwa penting untuk mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut agar tidak mudah sakit.

Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah dapat memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan virus maupun bakteri penyebab penyakit. 

4. Jadikan Olahraga Sebagai Kegiatan Mingguan

Credit: Tribunnews

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu lama dengan mengikuti latihan lengkap di tempat gym untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Berlath yoga juga dapat kamu lakukan untuk membuat sistem kekebalan tubuhmu meningkat dan tetap stabil.

5. Rutin Berjemur

Credit: Hellosehat

Terkena matahari pagi merupakan salah satu sumber untuk mendapatkan vitamin D, yang diketahui dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang sedang turun.

Hanya saja, sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan tubuh kamu terpapar sinat matahari. Kamu cukup berjemur selama 15- 20 menit untuk mendapatkan dosis vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

6. Konsumsi Multivitamin yang Mengandung Vitamin C

Credit: thealternativedaily.com

Vitamin C sudah dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C aman untuk dikonsumsi dan mudah ditemukan, seperti dari makanan, minuman, maupun suplemen yang berfungsi sebagai asupan nutrisi pelengkap.

Vitamin C dapat diperoleh dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti buah dan sayur. Sumber alami vitamin C antara lain jeruk, kiwi, mangga, papaya, nanas, serta sayuran seperti brokoli, paprika, dan tomat.

Selain dari buah maupun sayuran, kamu bisa mendapat asupan vitamin C dari mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks, untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Atau untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc yang membantu daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah Lelah dan selalu aktif seharian.

 

Featured Image - Tribunnews.com