Diketahui, pandemi Covid-19 mengakibatkan sejumlah dampak yang cukup signifikan. Terlebih, dalam urusan ekonomi. Pandemi – menyebabkan perekonomian dunia menurun. Akibatnya, sejumlah perusahaan sulit untuk mempertahankan cashflow, dan terpaksa melakukan PHK pada karyawan.

Mengalami PHK, memang bukanlah perkara mudah. Kondisi ini kian terasa berat, terlebih bagi mereka yang mengandalkan penghasilannya dari satu pekerjaan saja.

Tetapi, tenang! Kini kamu tak perlu lagi terlalu khawatir. Pasalnya, kesempatan untuk kembali bangkit berkarir masih terbuka lebar, lho. Dan, di masa PSBB transisi ini, sudah banyak perusahaan yang kembali membuka lowongan pekerjaan.

Jadi, sudah waktunya kamu kembali berjuang di tengah persaingan dunia kerja. Termasuk, dalam urusan proses wawancara, ya. Meskipun sebelumnya kamu sudah memiliki pengalaman yang baik, tapi bukan berarti kamu menganggap enteng dalam urusan wawancara.

Kamu mesti melatih mental dan melakukan sejumlah persiapan, sehingga proses wawancara kerja kamu bisa berjalan lancar, nih.

Lebih lanjut mengenai hal tersebut – berikut ini tips karir cerdas yang bisa membantumu dalam proses wawancara kerja.

 

 

 

Tips Karir

Sukses Dalam Wawancara Kerja Setelah di PHK

Tips Karir: Sukses Wawancara Kerja Usai Kena PHK. Patut Dicoba, Nih! / Credit: newyorker.com

Pastikan Emosi Sudah Stabil

Tips karir yang pertama, yaitu pastikan emosi kamu sudah stabil. Menerima fakta bahwa kamu kehilangan pekerjaan, memang bukan hal yang mudah.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk kembali mencari pekerjaan, pastikan emosimu sudah stabil terlebih dahulu, ya. Jadi, ketika kamu berada di tahap wawancara nanti, hati dan pikiranmu sudah lebih tenang.

 

Ceritakan Alasan Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya

Saat sesi wawancara, biasanya pewawancara akan melihat pengalaman pekerjaanmu sebelumnya. Dan, umumnya, mereka akan bertanya alasan kamu berhenti dari pekerjaan terakhir.

Untuk pertanyaan ini – kamu mesti berkata jujur. Katakan bahwa kamu terkena PHK. Ceritakan secara singkat bahwa kamu menjadi salah satu karyawan yang terkena dampak akibat krisis pandemi Covid-19 ini. Ingat, kamu tak perlu malu, ya.

Tapi, ketika bercerita, hindari menyinggung atau menjelekkan perusahaan lama tempat bekerja. Cukup ceritakan secara singkat saja.

 

 

 

Tips Karir: Sukses Wawancara Kerja Usai Kena PHK. Patut Dicoba, Nih! / Credit: coaching4good.com

Ceritakan Pelajaran yang Membuatmu Lebih Baik

Selanjutnya, kamu juga perlu menjelaskan pelajaran apa saja yang kamu bisa ambil dari pengalaman PHK tersebut. Beri tahu pewawancara, usaha apa saja yang kamu lakukan untuk terus berkembang dan belajar dari kegagalan.

Misalnya, kamu bisa katakan bahwa pengalaman tersebut dapat menjadikanmu sebagai orang yang ingin berkembang. Seperti, memiliki banyak waktu untuk mengikuti kelas atau pelatihan online, untuk menambah skill.

 

Tunjukkan Keunggulan yang Dimiliki

Tips karir terakhir dalam urusan wawancara, yaitu rangkum sejumlah hal yang menurutmu bisa meyakinkan pewawancara, bahwa kamu pantas diterima di perusahaan tersebut.

Tujukkan ketertarikan kamu pada perusahaan, seperti posisi kerja yang kamu lamar. Dan, perlihatkan attitude yang positif selama sesi wawancara, ya. Cara ini dilakukan untuk memberi kesan baik pada pewawancara.

 

Nah, itu dia keempat tips yang bisa kamu terapkan ketika melakukan wawancara setelah mengalami PHK. Selamat mencoba, ya!

 

Featured Image - hireminds.com