Masalah umum yang dialami ibu baru adalah menghadapi bayi susah tidur terutama di malam hari. Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang bisa membuat sang buah hati jadi sulit tidur, apalagi di malam hari.

Berikut adalah penyebab bayi susah tidur di malam hari.

1. Jam biologis bayi belum stabil

Credit: Hipwee

Kebanyakan bayi belum memiliki jam biologis yang benar karena fungsi tubuhnya masih berkembang. Kebanyakan bayi sudah mendapatkan jam biologis tubuh yang benar ketika ia berusia 12 minggu, tapi beberapa bayi mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dari itu.

Kamu bisa membantu si kecil beradaptasi dan membiasakan dirinya dengan waktu tidur yang baik. Bantu bayi untuk bangun dan tidurkan ia di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini akan membantu si kecil beradaptasi dan menemukan jam biologisnya sendiri.

2. Bayi Anda lapar

Credit: Jawapos

Bayi lapar adalah alasan paling umum bayi susah tidur atau terbangun di malam hari. Umumnya bayi hingga usia 18 bulan, diberi makan setiap empat jam atau sesuai permintaan si kecil dan tidak menutup kemungkinan bayi merasakan kelaparan pada malam hari atau tepat sebelum ia tidur.

Apalagi jika pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya cukup pesat terjadi, ia akan merasa lebih sering lapar dibandingkan biasanya.

3. Mengajak bayi main sesaat sebelum waktu tidurnya

Credit: Suara

Mengajak si kecil main atau membuat hal yang ia senangi, membuat bayi larut dalam kegembiraan sehingga sulit untuk mau tidur. Bayi sangat mudah teralihkan dengan suara atau gerakan yang menarik perhatiannya. Jadi, jika kamu ingin si kecil tidur di waktu yang tepat, sebaiknya hindari mengajaknya bermain sesaat sebelum ia tidur.

Jika bayimu terbangun di malam hari, sebaiknya jangan terlalu cepat menenangkannya. Hal ini justru akan membuat si kecil semakin susah tidur, karena kamu seperti mengganggu bayi yang mengantuk akan tertidur. Untuk menghindarinya, jangan langsung bergerak atau mengambil tindakan pada tanda-tanda pertama gerakan dan suara dari si kecil saat sedang tidur.

4. Bayi terlalu lelah atau sebaliknya

Credit: Hipwee

Saat bayi kamu kelelahan, bayi akan mengalami susah tidur atau membuatnya kurang tidur. Selain itu, bayi juga akan lebih sering bangun dan jadi rewel.

Lingkungan sekitar bayi yang terlalu berisik juga bisa membuat bayi susah tidur atau tenang. Inilah mengapa sebaiknya bayi menghindari kebisingan sebelum waktu tidur. Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang tenang agar bayi mudah tidur.

 

Featured Image - Tribun News