Jaman sekarang pekerjaan tidak hanya bisa diselesaikan di kantor, tapi juga di rumah sendiri. Selain terlihat lebih asyik, kerja di rumah juga jauh lebih santai karena bisa dipastikan waktu kerja jadi lebih fleksibel.

Kerja di rumah biasanya lebih fleksibel

Credit: Hipwee

Kamu pasti tidak akan menolak kalau ditawarkan jam kerja yang fleksibel tanpa harus terikat dengan aturan. Dan hal ini bisa kamu dapatkan kalau kerja dari rumah dan bukan di kantor. Orang yang bekerja di rumah cenderung memiliki suasana kerja yang lebih baik.

Tentu beda dengan pekerja kantoran yang belum sampai di kantor saja sudah dihadapkan dengan berbagai rintangan. Entah itu jalanan yang macet, ketinggalan kereta atau bus, terjebak hujan atau panas terik, hingga kendaraan yang dipakai tiba-tiba mogok di tengah jalan.

Belum lagi sesampainya di kantor harus menerima setumpuk deadline, meeting penting, hingga kerja dengan tim yang mungkin kurang cocok dengan Anda. Dan dengan begitu, bekerja di rumah bisa jadi solusi untuk mengurangi stress dan meningkatkan produktivitas.

Jadi mana yang lebih baik, kerja di rumah atau kantor?

Credit: KompasLifestyle

Sebenarnya, pilihan antara kerja di kantor ataupun di rumah itu kembali lagi pada diri kamu. Sebab pada dasarnya, semua orang punya cara kerja yang berbeda-beda.

Jadi sebelum memutuskan ingin bekerja di rumah atau di kantor, sebaiknya kenali dulu lingkungan pekerjaan yang paling sesuai dengan passion yang kamu miliki. Tanyakan kembali pada diri sendiri, apakah kamu tipe orang yang senang bekerja dengan bebas tanpa harus terikat oleh waktu atau lebih suka banyak berinteraksi dengan orang lain dan bekerja dengan struktur dan jadwal yang jelas.

Kerja di rumah juga tidak selalu seenak bayangan kamu. Tetap saja ada tantangan dan kesulitannya sendiri. Bisa jadi kerjamu justru lebih produktif kerja di kantor daripada di rumah sendiri.

Tips agar tidak keteteran saat kerja di rumah

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, untuk lebih memudahkan saat kerja dari rumah:

1. Buat perencanaan matang

Credit: IDNTimes

Cobalah untuk membuat rencana untuk mengatur aktivitas kamu selama bekerja di rumah, termasuk menyiapkan ruangan khusus untuk kerja, jadwal kerja tetap, jadwal istirahat dan pembagian waktu lainnya. Seperti kerja di kantor, kerja dari rumah juga harus punya aturan yang matang agar seluruh pekerjaan dan hasil yang kamu dapatkan lebih optimal.

2. Disiplin

Credit: Hipwee

Pastikan kamu menerapkan semua jadwal dan aturan yang telah tersusun rapi sebelumnya. Ubah pola pikir yang menganggap kalau kerja di rumah berarti bisa santai sesuka hatimu. Baik itu kerja di kantor ataupun di rumah, punya aturan kerja yang sama.

3. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Credit: IDNTimes

Sebaiknya jangan terlalu memforsir diri untuk bekerja sepanjang hari. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, meditasi, pergi ke salon, menonton film, atau berkumpul dengan teman. Lakukan kegiatan seru demi mencegah stres setelah seharian berkutat dengan pekerjaan.

 

Featured Image - Digination ID