Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung – membuat sebagian besar pihak merasa ragu untuk berkunjung ke fasilitas layanan kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, maupun puskesmas. Tujuan kunjungan berupa pengobatan hingga imunsasi jadi tertunda. Padahal, menunda pergi ke rumah sakit – terlebih untuk urusan imunisasi – tak boleh ditunda, sekalipun sedang pandemi.

Imunisasi mesti dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam memelihara imunitas. Selama pandemi, imunitas berperan penting untuk terhindar dari virus – imunitas kuat tentu bisa diperoleh dengan rutin imunisasi.

Intinya, pandemi bukanlah alasan bagi masyarakat untuk menghentikan imusisasi.

 

 

 

Selama Pandemi,

Imunisasi Sebaiknya Tetap Dilakukan Secara Rutin

Ahli: Selama Pandemi Imunisasi Mesti Dilakukan Secara Rutin / Credit: health.clevelandclinic.org

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya – meski pandemi, imunisasi sebaiknya tetap dilakukan secara rutin. Saat ini, Kementerian Kesehatan sudah menyusun berbagai macam protokol kesehatan dalam pelayanan imunisasi rutin.

Hal tersebut meliputi, pengaturan kedatangan pasien imunisasi, protokol kesehatan dijalani, risiko penularan virus pun bisa diminimalisir.

Selain itu, pelayanan imunisasi rutin pun sudah didukung dengan berbagai inovasi yang ada, sehingga dapat memudahkan masyarakat. Misalnya, ada vaksinasi drive thru dan petugas yang datang ke rumah. Tentu, ini sangat membantu.

Yang perlu diketahui – imunisasi rutin tidak hanya berlaku bagi anak- anak dan balita saja. Tetapi, orang dewasa juga perlu melakukan imunisasi rutin. Ini termasuk updaya untuk menjaga kesehatan, yaitu melalui pembentukan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu.

Terlebih, di usia dewasa merupakan masa produktif. Aktivitas padat, gaya hidup, pola makan, olahraga, dan istirahat – merupakan faktor- faktor penentu kondisi kesehatan. Untuk itu, melakukan imunisasi berperan penting untuk jaga kesehatan tubuh.

 

Terapkan Sejumlah Hal Berikut

Ketika Mengunjungi Fasilitas Kesehatan

Ahli: Selama Pandemi Imunisasi Mesti Dilakukan Secara Rutin / Credit: mibluesperspectives.com

Apakah kamu akan berkunjung ke fasilitas kesehatan untuk mendapat imunisasi? Agar tetap aman dari paparan virus,  terapkan deretan hal berikut ini.

  • Sebelumnya, cermati dahulu kondisi fasilitas kesehatan yang akan dikunjungi. Misal, apakah rumah sakit memisahkan area pasien Covid-19 dengan pasien biasa.
  • Pakai masker dan face shiled untuk kombinasi perlindungan ekstra.
  • Jaga jarak dengan pasien lainnya.
  • Cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer.
  • Datang dekat waktu konsultasi. Sehingga, kamu tak perlu berlama-lama berada di ruangan.
  • Segera bersih-bersih sesampainya di rumah.

Dari penjelasan di atas, tetap mendapat imunisasi rutin selama pandemi penting untuk dilakukan. Imunisasi merupakan salah satu cara menjaga kekebalan tubuh. Tapi, pastikan kamu menerapkan sejumlah protokol kesehatan agar tetap aman dari ancaman virus.

 

 

 

Featured Image - news.umich.edu

Source - cnnindonesia.com