Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin dengan peran dan fungsi yang beragam bagi tubuh sehingga pemenuhan hariannya perlu diperhatikan. Selain dari makanan utama, vitamin C juga bisa diperoleh dari konsumsi suplemen. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, penting sekali mengetahui dan mengikuti waktu konsumsi yang sesuai. Dari beberapa laporan kesehatan, beberapa jenis vitamin terbukti lebih maksimal diserap tubuh saat perut kosong dan sebagian yang lain perlu dibarengi dengan makanan. Bahkan ada juga yang perlu dikonsumsi pagi atau malam hari. Kemudian muncul pertanyaan minum vitamin C sebaiknya pagi atau malam hari? Simak jawaban lengkapnya serta tips minum vitamin C di bawah ini.

Dampak dan Hal yang Memengaruhi Waktu Minum Vitamin

Sebelum masuk dalam pembahasan, perlu dipahami bahwa vitamin terbagi menjadi dua kategori yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Karakter vitamin larut air umumnya akan diserap tubuh lebih baik saat perut dalam keadaan kosong. Sedangkan vitamin larut lemak akan jauh lebih mudah diserap bersama lemak sehingga mengonsumsinya bersamaan dengan makanan (berat maupun ringan) lebih disarankan.

Selain karakteristik vitamin, kondisi kesehatan konsumen juga akan memengaruhi waktu minum. Beberapa kondisi kesehatan yang umumnya perlu mendapat saran dokter sebelum mengonsumsi suplemen adalah sebagai berikut:

  • Orang dengan lambung sensitif dan/atau memiliki gangguan pencernaan tertentu.
  • Perempuan hamil dan menyusui.
  • Orang dengan alergi makanan atau jenis alergi lain.
  • Orang dengan penyakit tertentu sehingga ia harus mengonsumsi obat setiap hari.
  • Orang yang sedang menjalani perawatan medis secara berkala seperti kemoterapi misalnya.

Selain kondisi di atas, sejauh ini tidak ada kasus serius meskipun mengonsumsi vitamin pada waktu yang tidak disarankan. Meskipun begitu, mengonsumsi vitamin sesuai waktu dan kondisi kesehatan akan memaksimalkan manfaatnya dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga akan menurunkan risiko terkena efek samping seperti perut mual dan gangguan tidur.

Vitamin yang Sebaiknya Diminum Pagi Hari

1. Vitamin C

Sebagai salah satu vitamin larut air, vitamin C paling optimal diserap tubuh saat perut dalam keadaan kosong dan cukup dengan bantuan air putih. Jika memiliki lambung sensitif, vitamin C bisa sebaiknya dikonsumsi 2 jam setelah makan besar atau 30-45 menit sebelum makan besar. Bisa juga dengan memilih produk suplemen vitamin C yang menggunakan bahan non-acidic.

2. Hampir Semua Jenis Vitamin B Kompleks

Semua jenis vitamin B kompleks kecuali vitamin B9 atau folat sebaiknya dikonsumsi pada pagi atau siang hari. Hal ini karena vitamin B kompleks mendukung metabolisme dan memberi efek membangkitkan energi tubuh. Selain itu, vitamin B6 tanpa kombinasi magnesium yang dikonsumsi malam hari bisa menurunkan kualitas tidur.

3. Vitamin Larut Lemak (Vitamin A, D, dan K)

Vitamin larut lemak khususnya jenis vitamin A, D, dan K cocok dikonsumsi saat tubuh mencerna makanan, terutama makanan berlemak. Proses mengolah dan menyerap nutrisi makanan utama ini terjadi pada pagi hingga sore hari, jadi sebaiknya hindari minum vitamin larut lemak pada malam hari. Dalam hal ini makanan berlemak yang dimaksud bisa berupa segelas susu, semangkuk kecil yogurt, satu buah alpukat, dan lain sebagainya. Tidak harus atau jangan terlalu banyak makanan berminyak ya.

Vitamin yang Sebaiknya Diminum Malam Hari

1. Vitamin E

Selain bersifat sebagai sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, vitamin E juga memberikan efek neuroprotektif sehingga mampu mendukung kualitas tidur. Karena vitamin E juga termasuk dalam vitamin larut lemak, sebaiknya minum suplemen vitamin E setelah makan malam. Meskipun begitu, minum vitamin E sebelum tidur juga masih diperbolehkan.

2. Magnesium

Magnesium menjadi salah satu mineral yang mampu mendukung efek relaksasi bagi tubuh sekaligus berperan dalam lebih dari 600 reaksi biokimia dalam mendukung kesehatan otak, otot, dan jantung. Tidak hanya itu, magnesium juga membantu mengatur kadar melatonin, jenis hormon yang berperan dalam ritme sirkadian. Kekurangan magnesium juga menjadi salah satu penyebab gangguan tidur.

3. Omega 3

Sering ditemukan pada minyak ikan, omega 3 mengandung DHA dan EPA. DHA sendiri berkaitan juga dengan hormon melatonin sehingga mendukung tidur menjadi lebih nyenyak. Studi juga menunjukkan bahwa omega 3 dapat menambah durasi dan kualitas tidur, baik bagi anak-anak maupun orang tua. Kekurangan omega 3 dalam tubuh juga dikaitkan dengan gangguan tidur sleep apnea pada orang dewasa. Meskipun begitu, konsumsi minyak ikan pada pagi atau siang hari juga tetap memberikan banyak manfaat penting seperti menurunkan kadar trigliserida atau lemak pada aliran darah.

Tips Tambahan Mengonsumsi Vitamin

Dari penjelasan di atas sudah terjawab bahwa minum vitamin C sebaiknya pagi hari. Secara umum, suplemen dengan kandungan multivitamin dan mineral memang dikonsumsi pada pagi hari karena sistem pencernaan manusia umumnya akan beristirahat atau tidak bekerja dengan performa terbaik pada malam hari. Sehingga mengonsumsi suplemen bisa membebani kerja lambung dan organ pencernaan lain. Di bawah ini adalah beberapa tips tambahan untuk kamu yang membutuhkan konsumsi suplemen.

  • Soal mengonsumsi multivitamin dengan dua kategori vitamin sekaligus di dalamnya (larut air dan larut lemak), sebaiknya pisahkan keduanya berdasarkan waktu sebelum dan sesudah makan. Jika kamu tetap mengonsumsinya bersamaan, maka proses penyerapannya hanya optimal bagi vitamin dengan kategori yang sesuai.
  • Selama kamu memahami dan mengikuti aturan pakai produk suplemen, umumnya tidak ada efek samping serius. Jangan sampai kamu mengonsumsi suplemen dengan mega dosis karena bisa menimbulkan efek samping seperti gangguan pencernaan.
  • Jika kamu termasuk dalam kategori orang yang rentan mengalami kekurangan vitamin tertentu, maka konsumsi suplemen perlu dilakukan secara konsisten. Konsultasikan kondisi ini dengan dokter untuk saran medis yang sesuai kondisi kesehatan.
  • Perhatikan kandungan bahan, dosis, dan produk yang sudah terdaftar dalam BPOM saat akan membeli produk suplemen.

Daftar Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik

Bicara soal produk yang terpercaya, maka Enervon adalah penyedia suplemen multivitamin yang telah diformulasikan khusus sesuai usia konsumen. Tidak hanya itu, sebagian besar varian Enervon juga mengandung vitamin larut air saja (vitamin C dan B kompleks) sehingga dapat dikonsumsi bersamaan saat pagi atau siang hari.

Khusus pada varian Enervon Active, kamu bisa mengonsumsi vitamin C dengan bahan non-acidic sehingga lebih tidak perih untuk lambung.

Lalu ada varian Enervon Gold untuk lansia yang bisa dikonsumsi setelah sarapan atau makan siang.

Sedangkan Enervon-C Tablet dan Enervon-C Effervescent cocok untuk semua anggota keluarga. Dapatkan setiap varian Enervon di atas melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  • MedicineNet. Is It Better to Take Vitamins in the Morning or Night?. Diakses dari https://www.medicinenet.com/vitamins_in_the_morning_or_in_the_night/article.htm
  • Cleveland Clinic. 2021. The Best Time to Take Vitamins. Diakses dari https://health.clevelandclinic.org/the-best-time-to-take-vitamins
  • Jenna Fletcher. 2023. Is there a recommended time to take vitamins?. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/319556
  • Performance Lab. 2023. Best Vitamins To Take At Night. Diakses dari https://www.performancelab.com/blogs/sleep/best-vitamins-to-take-at-night?

Images by Freepik