Memang tidak ada momen yang lebih membahagiakan bagi orangtua ketika akhirnya bisa menghabiskan waktu bersama buah hati yang baru lahir. Kamu sendiri mungkin sudah tidak sabar untuk menimang atau ngobrol dengannya. Namun, terkadang si kecil malah tidur dalam waktu lama. Normalkah hal tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan bayi baru lahir?

Credit: Hipwee

Hampir seluruh waktu bayi dihabiskan untuk tidur selama ia masih di dalam kandungan. Kebiasaan ini pun umumnya cenderung terbawa setelah ia lahir ke dunia. Durasi tidur bayi baru lahir biasanya berkisar antara 16-18 jam setiap harinya.

Apakah normal jika bayi baru lahir tidur terus?

Credit: Jawapos

Seperti kamu sudah ketahui, lebih dari setengah waktu dalam sehari digunakan bayi hanya untuk tidur. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Meski tidak selalu, kebanyakan bayi yang baru lahir akan lebih sering tidur. Bahkan, waktu bagi bayi untuk bangun dan terjaga hanya sekitar 3-6 jam dalam satu hari.

Terlebih, bayi baru lahir masih belum mampu membedakan siang dan malam karena jam biologis tubuh bayi belum berkembang dengan baik. Itu artinya, di masa awal- awal kehidupan bayi bisa tidur kapan saja tanpa sadar akan waktu. Dan ia hanya mengerti bahwa kapan pun merupakan waktu yang tepat untuk tidur.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika si kecil yang baru lahir tidur terus. Kondisi ini bahkan bisa dibilang sebagai naluri alamiahnya.

Bayi baru lahir harus sering menyusu, maka akan lebih sering tertidur

Credit: Topmedia

Selain karena insting alaminya, bayi yang baru lahir bisa tertidur sepanjang hari karena harus sering menyusu. Bayi baru lahir biasanya menyusu setiap 2-3 jam, kurang lebih 8-12 kali per hari. Karena ukuran perut bayi masih kecil, mereka akan lebih cepat kenyang dan mengantuk. Jadi jangan heran jika kombinasi rasa kenyang dan ngantuk ini kemudian mudah membuat bayi tertidur bahkan meski belum selesai disusui.

Hal yang paling penting kamu perhatikan adalah bayi harus tetap mendapat asupan susu secara teratur sesuai dengan kebutuhannya. Jangan sampai waktu tidurnya mengganggu jadwal makan hariannya.

Apa yang harus dilakukan bila bayi baru lahir tidur terus?

Credit: Hellosehat

Kebiasaan tidur seharian ini akan berangsur menghilang seiring si kecil tumbuh. Ketika otak dan system saraf pusat bayi telah berkembang optimal, siklus tidur bayi juga akan semakin membaik dengan lebih banyak tidur di malam hari.

kamu dan anggota keluarga pun bisa membantu si kecil dalam melewati proses ini dengan cara menciptakan lingkungan yang tenang, sunyi, dan nyaman di malam hari serta membiarkan bayi lebih sering mendapat paparan sinar matahari pada siang hari.

Jika bayi baru lahir tidur terus sepanjang hari disertai dengan kemunculan gejala- gejala lain atau perubahan yang aneh pada diri si kecil, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Infeksi, penyakit kuning, dan berbagai masalah medis lainnya bisa jadi penyebab bayi lebih cepat mengantuk dari biasanya.

 

Featured Image - Klik Dokter