Apakah kamu salah satu orang yang gemar melakukan olahraga berenang? Wah, pilihan yang tepat! Pasalnya, ada berbagai manfaat renang yang dapat kamu peroleh, salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sejumlah manfaat renang bisa kamu dapatkan, terlebih jika kamu melakukannya secara rutin, lho. Lalu, apa saja manfaat dari olahraga renang?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

5 Manfaat Renang Yang Baik Untuk Kesehatan

5 Manfaat Renang, Salah Satunya Mampu Meningkatkan Energi Tubuh / Credit: tirto.id

Bantu Tingkatkan Energi

Manfaat renang yang pertama – dapat bantu meningkatkan energi tubuh. Mengapa demikian? Karena, ketika berenang seluruh otot kamu akan bekerja. Hal inilah sudah pasti dapat meningkatkan energi. Setidaknya, kamu bisa berenang 30 menit pada setiap sesi – dan kamu pun jadi lebih aktif seharian!

Kamu ingin energi tubuh lebih optimal? Bisa bantu dengan mengonsumsi multivitamin setiap harinya, lho. Terlebih yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C daya tahan tubuh kamu dapat makin terjaga, sehingga tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dapat bantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi tahan lama!

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet – yang ini mengandung Vitamin C 500 mg, ya. Atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – agar performa daya tahan tubuhmu makin maksimal ya!

 

Memperkuat Otot

Kamu pasti sudah tahu bahwa dengan berenang seluruh tubuh akan bergerak. Ini tentu saja dapat membantu menguatkan otot tubuh, sekaligus meningkatkan kekuatan serta daya tahan tubuh. Bahkan, berenang dapat meningkatkan massa otot tricep jika dilakukan secara rutin, lho!

 

5 Manfaat Renang, Salah Satunya Mampu Meningkatkan Energi Tubuh / Credit: lifestyle.kompas.com

Bantu Turunkan Berat Badan

Apakah kamu sedang menjalani program diet? Nah, rutin olahraga renang bisa bantu kamu menurunkan berat badan, nih. Hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa satu jam berenang dapat membakar sekitar 715 kalori – tapi jumlah kalori yang dibakar tersebut dapat bergantung pada masing-masing tubuh ya.

Hal ini juga disetujui oleh para peneliti di Universitas Indiana, yang mengatakan bahwa berenang dapat menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak.

 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah sulit tidur, coba deh rutin melakukan olahraga renang. Olahraga satu ini memiliki manfaat untuk membantu kamu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Orang yang punya masalah insomnia – bisa mencoba olahraga renang agar tidur lebih nyenyak di malam hari.

 

Mengurangi Stres

Selain itu kesehatan secara fisik, manfaat renang juga baik untuk kesehatan mental – salah satunya dengan bantu meredakan rasa stres. Selain itu, rutin berenang juga dapat meningkatkan suasana hati, lho.

Kamu cukup rutin berenang selama 30 menit di setiap sesinya – dan tubuh menjadi lebih rileks serta bebas stres!

 

 

 

Apakah kamu tertarik untuk melakukan olahraga renang dan rasakan berbagai manfaat baiknya? Jangan lupa, untuk imbangi olahraga dengan gaya hidup sehat lainnya – agar kesehatan tubuh semakin terjaga!

 

Featured Image - honestdocs.id