Saat masuk kantor baru, seringkali kamu merasa bingung bagaimana cara untuk memberikan kesan pertama yang baik di hari pertama bekerja. Tapi, sebenarnya kamu bisa menikmati momen ini dengan santai, namun tetap menciptakan kesan yang baik untuk mengawali perjalanan karirmu di kantor tersebut.

Untuk menghadapi hari pertama bekerja, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

1. Tampil sesuai profesi dan kepribadian kamu

Credit: KapanLagi

Merasa nyaman adalah hal terpenting dan bisa memberikanmu kepercayaan diri yang kamu butuhkan saat memasuki lingkungan baru. Tetapi ingat, penampilan professional kamu juga harus cocok dengan nilai- nilai perusahaan tempatmu bekerja.  Carilah titik keseimbangan antara kesan profesional dan menjadi diri sendiri.

2. Tiba lebih awal

Credit: Merdeka

Sebelum masuk ke kantor baru, sebaiknya kamu cari tahu jarak dan waktu tempuh dari tempat tinggalmu ke lokasi kantor. Selain itu, cari pilihan dan jadwal transportasi umum yang akan kamu gunakan. Dengan begitu, kamu tidak akan telat datang di hari pertama bekerja.

3. Percaya diri

Credit: Lifestyle Okezone

Kantor baru mungkin sering membuat kamu merasa gugup. Tetapi, semua orang bahkan para atasan pun pasti pernah berada di posisi ini. Jadi, sebaiknya kamu tarik napas yang dalam, jadi diri sendiri, dan tunjukkan ke semua orang kenapa perusahaan tersebut memilih kamu.

4. Ucapkan salam

Credit: Tribunnews

Sebagai anggota baru, kamu pasti akan diperkenalkan kepada rekan- rekan di kantor. Pastikan kontak mata, pasang senyum terbaikmu, lalu ucapkan salam dengan ramah dan jelas. Jangan lupa, saat berjabat tangan, lakukan denan percaya diri namun jangan terlalu berlebihan ya.

5. Bertanya

Credit: Kompas Lifestyle

Hari pertama kerja adalah kesempatan terbaik di mana kamu bisa menanyakan apa pun yang belum kamu pahami terkait perusahaan tersebut. Jangan malu untuk bertanya, dan kamu akan dapat memahami semuanya dengan lebih cepat.

6.Ciptakan hubungan, atau bahkan persahabatan baik

Credit: WomanTalk

Perlakukan rekan kerjamu sebagaimana kamu ingin diperlakukan, dengan santun dan ramah. Ingat, hubungan professional yang baik selalu berlandaskan rasa hormat dan kepercayaan. Walaupun mungkin awalnya kamu belum tahu banyak, kamu tetap bisa membantu dan menunjukkan etos kerja yang baik.

7. Dibawa asyik saja

Credit: CNNIndonesia

Rencanakan dengan baik dan hari pertama kerja bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak ada yang mengharapkan kamu untuk langsung bisa melakukan semua, jadi tidak usah terlalu tegang memikirkan bagaimana kamu akan menjalani tugasmu. Tunjukkan sikap postif, keinginan untuk belajar dan berkembang, dan yang paling penting, dibawa asyik saja.

 

Featured Image - Qerja.com