Memelihara daya tahan tubuh, terutama selama pandemi memang poin penting yang perlu kamu perhatikan. Imunitas yang kuat, sejatinya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya asupan gizi yang baik.

Perlu kamu ketahui bahwa konsumsi makanan sehat harus diterapkan. Jadi, tak hanya sekedar mementingkan perut yang kenyang saja, tetapi nutrisi dan gizi yang akan diterima oleh tubuh dari makanan yang kamu konsumsi.

Makanan bergizi lengkap dan seimbang – dapat menunjang daya tahan tubuh kamu agar semakin kuat. Terkait hal ini, ada berbagai tips untuk memastikan diet harian kamu sudah tepat. Apa saja tips tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Tips Konsumsi Gizi Lengkap dan Seimbang

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Konsumsi Gizi Seimbang, Ini 5 Tipsnya / Credit: wowkeren.com

Makan Teratur

Tips pertama, dalam sehari kamu perlu memenuhi nutrisi dari tiga waktu makan, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Dalam satu porsi makan, usahakan piringmu terdiri dari 45-65 persen karbohidrat, mencakup 25-30 gram serat, protein sekitar 10-20 persen, lemak 20-25 persen, dan juga asupan gula yang dibatasi. Selain itu, perhatikan pula mikronutrien sesuai dengan angka kebutuhan gizi (AKG).

 

Konsumsi Buah

Idealnya, tubuh perlu diberi asupan setiap tiga jam sekali – ini dikonsumsi di sela-sela jam makan besar. Kebutuhan asupan nutrisi dapat kamu dapatkan dari camilan sehat, seperti buah. Jadi, kamu disarankan mengonsumsi buah setidaknya 3-5 porsi dalam sehari.

 

Hindari Makanan Olahan

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Konsumsi Gizi Seimbang, Ini 5 Tipsnya / Credit: medicalnewstoday.com

Usahakan untuk menghindari makanan olahan, tapi pilih makanan alami – yaitu, makanan yang masih memiliki bentuk sesuai asalnya dengan kandungan nutrisi yang masih terjaga. Sementara, makanan olahan biasanya sudah mengalami proses pengolahan, sehingga bentuk dan kandungan nutrisinya pun sudah berubah.

Lalu, hindari pula makanan instan yang tinggi gula, garam, dan lemak – karena dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya.

 

Perhatikan Pengolahan Makanan

Memperhatikan cara pengolahan makanan juga penting dilakukan. Kamu disarankan untuk menghindari teknik deep fried, tetapi pilih teknik bakar dalam mengolah bahan makanan. Sebab, teknik deep fried dapat merusak kandungan protein dan menghilangkan vitamin.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan

Nutrisi tubuh dapat terserap secara maksimal jika asupan cairan juga terpenuhi. Setidaknya, minum sebanyak 8-10 gelas per hari – atau setara dengan dua liter. Asupan cairan yang cukup juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin, Juga Penting Dilakukan

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Konsumsi Gizi Seimbang, Ini 5 Tipsnya / Credit: thedailymeal.com

Menerapkan kelima tips di atas memang penting adanya. Tetapi, kamu juga perlu memastikan kebutuhan vitamin harianmu terpenuhi. Perlu diketahui, vitamin juga dapat menjaga daya tahan tubuhmu, terlebih vitamin C.

Vitamin C dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah buah dan sayur, seperti jeruk, jambu biji, mangga, nanas, kiwi, brokoli, dan bayam. Tetapi, untuk kamu yang sibuk disarankan untuk minum multivitamin setiap hari – kamu direkomendasikan minum Enervon-C ya.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, dalam bentuk Effervescent – kalau yang ini mengandung Vitamin C 1000 mg yang juga baik untuk memelihara daya tahan tubuh kamu!

 

 

 

Wah, sekarang kamu sudah tahu ya tips konsumsi makanan bergizi untuk jaga daya tahan tubuhmu? Jadi, sudah saatnya kamu mulai menerapkan kiat-kiat di atas agar kesehatan semakin terjaga!

 

Featured Image - taste.com.au