Selama masa pandemi Covid-19, penularan berbagai macam penyakit umumnya lebih rentan terjadi. Terlebih, kini memasuki musim hujan – cuaca yang lembap semakin memudahkan virus maupun bakteri untuk menyerang tubuh.

Ancaman penyakit memang berisiko bagi setiap usia, terlebih anak-anak yang imunitas tubuhnya belum terbentuk secara sempurna. Sehingga, kemampuan tubuh dalam mempertahankan diri dari penyakit pun masih minim.

Lalu, bagaimana jika anak jatuh sakit di tengah pandemi? Langkah awal yang bisa orangtua lakukan, yaitu menerapkan pertolongan pertama di rumah. Tapi, jika kondisi anak semakin memburuk, memang ada baiknya segera bawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan tepat.

Wajib diperhatikan oleh orangtua – kamu mesti cermat dalam memilih rumah sakit, mulai dari aspek kenyamanan hingga keamanan.

Sebagai panduan mudah untukmu, berikut ini sejumlah tips dalam memilih rumah sakit untuk anak-anak selama masa pandemi.

 

 

 

Panduan Memilih Rumah Sakit Di Tengah Pandemi

Memilih Rumah Sakit Untuk Anak Kala Pandemi, Begini Tipsnya / Credit: id.theasianparent.com

Pilih Rumah Sakit Dengan Layanan Konsultasi Online

Jika kondisi kesehatan anak belum terlalu darurat dan masih bisa diatasi di rumah, sebaiknya pilih rumah sakit yang menyediakan layanan konsultasi online ya. Dengan begitu, anak tak perlu bepergian ke luar rumah, sehingga keamanannya pun tetap terjaga.

Tenang, di zaman sekarang sudah banyak kok rumah sakit yang menyediakan layanan konsultasi maupun pengobatan secara online.

 

Pastikan Rumah Sakit Punya Layanan Antar Obat

Ketika anak sakit, pastikan kamu memilih rumah sakit yang dapat mengantar obat ke rumah. Tentu saja, hal ini dapat membantu pengobatan anak lebih efisien dan praktis ya. Selain itu, layanan antar obat juga memudahkan anak mendapat obat-obatan secara cepat tanpa perlu mengantre.

 

Memilih Rumah Sakit Untuk Anak Kala Pandemi, Begini Tipsnya / Credit: alodokter.com

Pilih Rumah Sakit Dengan Peralatan Medis Lengkap

Jika kondisi kesehatan anak sudah semakin parah dan mesti segera di bawa ke rumah sakit – pastikan kamu memilih rumah sakit yang memiliki alat medis lengkap. Ini bertujuan agar anak dapat ditangani secara tepat.

Memilih rumah sakit dengan perlengkapan lengkap juga tidak mengharuskan anak berpindah-pindah ke rumah sakit lainnya.

 

Perhatikan Kenyamanan dan Keamanan

Yang terakhir, pastikan kamu memilih rumah sakit dengan keamanan dan kenyamanan yang sudah terjamin ya. Ingat, rumah sakit termasuk tempat umum yang berisiko terhadap penularan Covid-19, lho.

Pilih rumah sakit yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti melakukan screening bagi seluruh pasien, pengunjung, dan tenaga medis. Poin ini diterapkan melalui pengecekan suhu tubuh, menanyakan gejala yang mungkin dialami, serta riwayat bepergian.

Sebelum membawa anak ke rumah sakit, pastikan kamu sudah memperhatikan sejumlah poin di atas agar anak tetap terlindungi dari risiko penularan virus corona.

 

 

 

Featured Image - parenting.orami.co.id

Source - popmama.com