Kesibukan membuat banyak orang tidak bisa mencukupi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya, rasa kantuk menyerang saat bekerja dan menurunkan produktivitas kamu. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan ngantuk saat bekerja.

1. Tidur siang sejenak

Credit: Lifestyle Kompas

Tidur siang sejenak atau power nap merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk yang menyerang ketika jam kerja. Tidur siang bermanfaat membuat tubuh rileks dengan cepat. Kamu bisa melakukan power nap sambil duduk, atau berbaring jika memungkinkan dan cobalah untuk melakukan kegiatan ini pada pukul 2 siang.

Durasi tidur siang yang ideal adalah selama 15-20 menit. Kurang dari rentang tersebut, tubuhmu tidak akan memperoleh manfaatnya. Sementara tidur siang selama lebih dari 20 menit malah dapat membuat kamu semakin lesu dan mengantuk.

2. Bergerak

Credit: Hipwee

Bergerak adalah cara efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja sekaligus membuat tubuh selalu bugar. Saat mengantuk, cobalah beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah mengitari lingkungan kantor selama 10 menit.

Berjalan kaki akan memicu jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen bermanfaat untuk menjaga otak tetap aktif dan waspada sehingga rasa kantuk pun menghilang.

3. Mengonsumsi camilan menyehatkan

Credit: Tribunnews

Kopi dan makanan manis sering dijadikan camilan untuk mengusir kantuk saat bekerja. Kafein pada kopi memang mampu menahan kantuk, tapi efeknya justru menurunkan kualitas tidur. Sementara gula pada makanan manis membuat tubuhmu cepat lelah.

Cara lain yang cukup efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja adalah dengan mengonsumsi camilan menyehatkan seperti yogurt dengan kacang- kacangan, biscuit gandum dengan selai kacang, buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, kiwi, dan papaya.

4. Melakukan teknik pernapasan

Credit: Lifestyle Okezone

Teknik pernapasan bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Semua hal ini akan meningkatkan energi dan performa bekerjamu.

Berikut adalah cara melakukan teknik pernapasan untuk menghilangkan ngantuk saat kerja:

  • Duduk dengan tegak di kursi, fokuslah untuk bernapas menggunakan perut.
  • Letakkan tangan kanan pada perut, tepat di bawah rusuk. Kemudian, letakkan tangan kiri pada dada.
  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan kananmu. Dan jangan biarkan dadamu bergerak.
  • Embuskan napas melalui bibir yang mengerucut.
  • Ulangi semua sebanyak 10 kali.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Credit: Jawapos

Ini merupakan cara terpenting agar kamu tidak mengantuk saat bekerja. Sebisa mungkin, batasi aktivitas di malam hari dan hindari gangguan dari ponsel, TV, atau laptop. Selain itu, coba untuk mencukupi kebutuhan tidur kamu minimal selama 7 jam.

Waktu tidur dan bangun di pagi hari juga tidak kalah penting. Usahakan agar kamu selalu tidur dan bangun pada pukul yang sama. Hal ini bermanfaat agar tubuh memiliki jam biologis yang teratur sehingga kamu tidak mudah mengantuk.

 

Featured Image - Grid.ID