Liburan akhir tahun akan segera tiba! Apakah kamu sudah punya rencana liburan? Kalau belum, rencana berlibur menggunakan sepeda juga cukup menarik, lho. Selain digunakan sebagai alat untuk berolahraga, nyatanya kini sepeda dijadikan untuk transportasi.

Bahkan tak jarang sebagian orang memilih touring menggunakan sepeda di akhir pekan – untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di luar kota. Selain praktis dan efisien, sepeda juga terbilang cukup aman digunakan selama pandemi – ini jika dibandingkan dengan transportasi umum ya.

Jika kamu tertarik melakukan perjalan dengan bersepeda di liburan akhir tahun nanti – kamu perlu perhatikan keenam tips di bawah ini dahulu, nih. Sejumlah tips ini dapat buat kegiatan bersepedamu makin aman dan tetap nyaman.

 

 

 

6 Tips Aman dan Nyaman Traveling Menggunakan Sepeda

Ingin Traveling Gunakan Sepeda Di Liburan Akhir Tahun? Simak Dulu Tips Aman Ini / Credit: suara.com

Kumpulkan Informasi Rute dan Tujuan

Yang pertama, kamu wajib mengumpulkan informasi mengenai destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Pastikan tempat tersebut dapat dijangkau dengan sepeda, sekaligus keamanan dalam memarkir sepedamu ya.

Ohiya! Kamu juga disarankan untuk tidak bepergian terlalu jauh menggunakan sepeda, terlebih di masa pandemi – sehingga kesehatan tetap terjaga.

 

Pergi Sendirian Atau Bareng Kelompok Kecil

Selama pandemi, kamu disarankan untuk tidak berkumpul dengan banyak orang. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang ingin bepergian pakai sepeda, lho. Pastikan kamu bersepeda dengan kelompok kecil, maksimal lima orang.

Tapi, jika kamu ingin sendirian juga boleh-boleh saja, lho. Yang penting kamu sudah mengenal rute yang akan kamu lalui ya.

 

Metode Carb Loading

Ingin Traveling Gunakan Sepeda Di Liburan Akhir Tahun? Simak Dulu Tips Aman Ini / Credit: sunnyhealthfitness.com

Carb loading – merupakan metode yang sering digunakan atlet untuk memaksimalkan penyimpanan glikogen di otot dan hati. Cara ini dapat memberikanmu energi dan stamina ekstra selama bersepeda.

Metode ini bisa kamu tetapkan paling tidak dua hari sebelum perjalanan. Dan ketika melakukan carb loading, pastikan kamu mengonsumsi 10 mg karbohidrat per kilogram berat badanmu ya. Untuk jenis makanan – kamu boleh memilih pasta, kentang, ikan, nasi, roti, atau smoothie buah.

 

Pilih Jenis Sepeda

Sekarang sudah banyak jenis sepeda dengan fungsi yang berbeda-beda. Jika kamu ingin bepergian atau touring – kamu bisa memilih sepeda touring, roadbike, dan gravel.

Setelah memilih jenis sepeda, periksa kembali semua komponen sepeda dalam kondisi baik, terawat, dan siap untuk menempuh jarak jauh. Dan jangan lupa, cek kondisi roda, rem, rantai, dan pengatur gigi sepeda kamu ya.

 

Pastikan Tubuh Sudah Fit

Ingin Traveling Gunakan Sepeda Di Liburan Akhir Tahun? Simak Dulu Tips Aman Ini / Credit: jawapos.com

Sebelum berangkat, pastikan tubuhmu dalam kondisi sehat dan fit. Hindari memaksakan pergi jika kamu merasa lemas atau bahkan sakit. Ingat, kamu akan menempuh jarak yang cukup jauh menggunakan sepeda, lho. Untuk melakukannya kamu tentu memerlukan energi ekstra, sekaligus kondisi tubuh yang bugar.

 

Disiplin 3M

Yang terakhir, selalu disiplin dalam menerapkan 3M ya alias menjaga jarak.

Protokol kesehatan 3M sangat dianjurkan untuk mengurangi penularan virus corona. Nah, ketika bersepeda, jika napasmu mulai terasa sesak – karena pakai masker, kamu boleh melepasnya sejenak. Tapi, tetap jauhi kerumunan!

 

 

 

Wah, itu dia keenam tips yang bisa kamu terapkan ketika akan bepergian menggunakan sepeda di liburan akhir tahun nanti. Tetap jaga kesehatan ya!

 

Featured Image - jovee.id