Bagi kamu yang baru mulai bekerja, penting lho mengetahui sejumlah tips menabung yang tepat. Hal ini dapat menghindarimu dari gaya hidup yang boros! Penasaran seperti apa sejumlah tips menabung tersebut? Berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

 

Kalau kamu sudah berhasil mendapatkan pekerjaan pertama – pasti kamu merasa senang dan bersemangat ya? Memang, memulai sesuatu hal yang baru dalam hidup bisa membuat semangat makin berapi-api.

Apalagi, ketika kamu menerima gaji pertama. Wah, pasti ada rasa kepuasan sendiri. Tapi, tak jarang hal ini bisa menjurumuskanmu pada keborosan, lho. Pemikiran untuk membeli barang-barang yang diinginkan, pasti pernah terlintas ya?

Sebelum kamu kalap berbelanja, coba pikirkan deh mengenai rencana menabung. Sebab, kebiasaan baik ini punya beragam manfaat baik untuk kamu – terlebih menyangkut masa depan.

Nah, untuk kamu yang baru mulai bekerja – dan ingin menabung. Berikut ini sejumlah tips menabung yang patut dicoba!

 

7 Tips Menabung Untuk Kamu yang Baru Mulai Bekerja / Credit: talenta.co

Habis Gajian? Hindari Merasa Kaya!

Siapa di sini yang merasa kaya setelah gajian? Hampir setiap orang mungkin pernah merasa seperti ini. Lalu, perasaan tersebut bisa meningkatkan keinginan untuk berbelanja! Kamu mesti berhati-hati ya.

Coba pertimbangkan kembali secara matang. Alih-alih membelanjakan uang kamu secara berlebihan, ada baiknya uang tersebut ditabung – jangan lupa untuk kelola uang dengan baik ya, kamu bisa buat anggaran agar pengeluaran lebih teratur.

 

Selalu Sisihkan Uang di Awal Bulan

Setelah menerima gaji, sisihkan terlebih dahulu uang untuk ditabung. Kamu bisa menyisihkan paling tidak 10% dari penghasilan. Tips menabung ini termasuk cara yang efektif, lho!

 

Buat Target Pengeluaran

7 Tips Menabung Untuk Kamu yang Baru Mulai Bekerja / Credit: kantorkita.co.id

Tips menabung selanjutnya – tentukan target pengeluaranmu dalam jangka waktu tertentu. Misal, target pengeluaran dalam sehari, seminggu, maupun satu bulan. Lalu, tentukan juga berapa uang yang akan kamu keluarkan dalam waktu tersebut.

Dengan memiliki target pengeluaran, kamu bisa membuat batasan dan menahan diri kamu untuk berbelanja.

 

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Punya cash berlebih di dompet bisa bikin kamu makin boros, lho! Jadi, coba hindari hal ini ya. Selalu, bawa uang tunai secukupnya saja.

Tips menabung ini juga dapat bantu menghindari kamu dari sikap impulsif – terlebih, untuk hal-hal yang tidak terencana dan diluar budget kamu. Dengan begitu, kamu pun bisa mengeluarkan uang sesuai kebutuhan.

 

Rekening Tabungan, Bisa Jadi Pilihan Tepat!

7 Tips Menabung Untuk Kamu yang Baru Mulai Bekerja / Credit: cermati.com

Kini, banyak orang yang memilih bank sebagai sarana menabung yang aman. Namun, perlu kamu perhatikan nih – hindari menggabungkan rekening sehari-hari dengan rekening tabungan ya. Kamu perlu akun yang terpisah.

Memiliki rekening tabungan bisa mengurangi kemungkinan terpakainya uang tabungan. Selain itu, kamu juga dapat lebih mudah melihat progress uang tabunganmu, lho.

 

Hemat Paket Internet

Hidup tanpa internet – hal ini mustahil untuk dilakukan. Sebab, ada berbagai aktivitas yang memerlukan internet, mulai dari belajar, bekerja, hingga sarana hiburan! Tapi, kamu perlu perhatikan nih pemakaian internet, karena hal ini juga bisa membuatmu boros.

Agar lebih hemat, kamu dapat gunakan paket data dengan harga yang relatif lebih murah. Atau, gunakan Wi-Fi gratis yang tersedia di kantor atau tempat umum lainnya.

 

Bawa Bekal dari Rumah

Membeli makan siang di luar atau delivery – memang dapat membuatmu lebih boros. Sebagai alternatif, kamu bisa membawa bekal dari rumah ya. Selain menghemat, membawa makanan sendiri juga jauh lebih sehat!

 

 

 

Tunggu apa lagi? Sekarang saatnya kamu mulai menerapkan setujuh tips menabung di atas! Dengan punya kebiasaan menabung – masa depan pun lebih terjamin, sekaligus bisa merasa secure secara finansial.

 

Featured Image - rukita.co