Seperti yang sudah diketahui, kini pemerintah sedang berupaya mendatangkan vaksin Covid-19 ke Indonesia. Nantinya, aturan yang berlaku. Meski demikian, masyarakat wajib mengetahui prosedur pendaftaran untuk mendapatkan vaksin.

 

 

 

Dilansir dari Parenting.Orami.co.id – pemerintah akan memberikan vaksin pada masyarakat berdasarkan skala prioritas yang sudah ditentukan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari produksi vaksin yang masih dilakukan secara bertahap.

Adapun prioritas paling utama, yaitu pihak yang memiliki risiko tertinggi terpapar virus corona, seperti dokter, tenaga kesehatan, hingga perawat – terlebih yang menangani pasien Covid-19.

Lalu, bagaimana dengan masyarakat secara umum? Setidaknya ada sejumlah prosedur pendaftaran yang mesti dilalui untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Seperti apa alur dan prosedur tersebut?

 

Tahapan Pendaftaran Vaksin Covid-19

Begini Prosedur Pendaftaran Vaksin Covid-19 Di Tahun 2021 / Credit: kumparan.com

Perlu diketahui, prosedur pendaftaran vaksin Covid-19 akan dilakukan secara online. Setelah mendaftar, calon peserta vaksinasi akan diperiksa kesehatannya terlebih dahulu, guna memastikan keadaan dan kesiapan tubuh.

Adapun prosedur pendaftaran vaksin Covid-19 secara lengkap – terdiri dari empat tahap, yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran

Peserta menunjukkan e-tiket, kemudian petugas pendaftaran akan melaukan verifikasi menggunakan NIK dan daftar sasaran yang bisa diperoleh melalui aplikasi Pcare.

 

2. Skrining

Petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana. Hal ini bertujuan untuk melihat kondisi kesehatan dan mengindentifikasi penyakit penyerta yang mungkin dimiliki oleh peserta vaksinasi.

 

3. Vaksinasi

Petugas memberi vaksinasi secara intra muskular sesuai prinsip penyuntikan aman. Nantinya, petugas menuliskan nama vaksin dan nomor batch vaksin yang diberikan kepada peserta di sebuah memo.

 

4. Pencatatan dan Observasi

Terakhir, petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi ke dalam aplikasi Pcare. Bagi peseta yang ditunda pemberian vaksinnya – akan dilaporkan dan dijadwalkan kembali melalui aplikasi tersebut.

Nantinya, peserta akan diobservasi selama 30 menit untuk memantau kemungkinan yang terjadi setelah imunisasi. Dan, petugas pun akan memberi penyuluhan mengenai 3M dan vaksinasi.

 

 

 

Vaksinasi Di Bagi Ke Dalam Dua Skema

Begini Prosedur Pendaftaran Vaksin Covid-19 Di Tahun 2021 / Credit: republika.co.id

Nantinya, vaksin akan dilaksanakan melalui dua skema. Pertama, melalui vaksin program dengan sasaran 32.158.276 orang yang membutuhkan vaksin sejumlah 73.960.000 juta dosis. Kemudian, untuk vaksin mandiri dengan sasaran 75 juta orang yang memerlukan 172 juta dosis.

Setiap orang diperkirakan menerima dua dosis dengan menambahkan wastage rate sebesar 15 persen.

 

 

 

Featured Image - pikiran-rakyat.com

Source - parenting.orami.co.id