Menjelang tahun baru berbagai aturan pun ditetapkan – hal ini dilakukan untuk mencegah semakin luasnya bepergian ke luar rumah selama masa liburan.

Salah satu aturan yang ditetapkan, yaitu mall tetap buka selama libur akhir tahun, tetapi pengunjung dibatasi dan diperketat. Selain itu, jam operasional pun akan dikurangi dengan mall tutup lebih awal.

Ada pun informasi lebih lengkap mengenai jam operasional mall dan berbagai tempat lainnya selama libur akhir tahun – berikut ini rangkumannya.

 

 

 

Mall Di Jabodetabek Tutup Lebih Awal

Jelang Tahun Baru, Mall Kurangi Jam Operasionalnya / Credit: mediaindonesia.com

Jika selama PSBB Transisi mall diwajibkan tutup pukul 8 atau 9 malam, selama libur akhir tahun, jam operasional mall pun semakin diperketat. Perlu diketahui, beberapa mall di daerah Jabodetabek tutup pukul 19.00.

Aturan ini menyusul adanya perketatan aktivitas di luar rumah, sehingga membuat mall mempersingkat jam operasionalnya dan tutup lebih awal.

 

Jam Operasional Zona Merah Sampai Pukul 8 Malam

Jelang Tahun Baru, Mall Kurangi Jam Operasionalnya / Credit: ayosemarang.com

Sementara, untuk wilayah yang berada di zona merah Covid-19, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Mall, restoran, dan berbagai tempat hiburan lainnya hanya boleh bukan hingga pukul 8 malam saja.

Selain itu, pemerintah juga meminta agar kantor-kantor yang berada di daerah zona merah, terlebih DKI Jakarta menerapkan work from home (WFH). Aturan ini menyusul pengurangan jatah libur bersama, yang semula jatuh pada tanggal 28-30 Desember 2020.

Sejumlah aturan ini bertujuan agar ketika malam tahun baru tidak ada kenaikan kasus baru virus corona. Sebab, momen tahun baru merupakan hari libur yang bisa mengakibatkan melonjaknya kasus Covid-19.

 

Ingat! Ini Bukan PSBB Darurat

Jelang Tahun Baru, Mall Kurangi Jam Operasionalnya / Credit: thehoneycombers.com

Meski perketatan diterapkan selama masa libur akhir tahun, tetapi ini bukanlah PSBB darurat. Kebijakan dan aturan tersebut diambil agar kasus Covid-19 tetap terkendali. Dengan demikian, kasus positif pun bisa diminimalisir.

Masyarakat masih terus dianjurkan untuk berada di rumah saja dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika harus bepergian karena keadaan darurat – pastikan protokol kesehatan 3M terus diterapkan.

 

 

 

Featured Image - republika.id

Source - popmama.com