“Sudah mulai jenuh bepergian harus selalu pakai masker!” Apakah kamu tak lagi asing dengan keluhan tersebut? Atau mungkin sedang mengalaminya? Belakangan waktu terakhir, masyarakat memang terlihat semakin bosan dengan pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Hati-hati, rasa jenuh akan protokol kesehatan yang mesti dipatuhi – dapat berujung pada caution fatigue.

Apakah hal tersebut? Dan, bagaimana cara mengatasinya? Berikut informasi lengkap mengenai caution fatigue.

 

 

 

Hadapi Pandemi, Banyak Orang Alami Caution Fatigue

Caution Fatigue Rentan Dialami, Kenali Cara Mengatasinya / Credit: forums.hardwarezone.com.sg

Meski sudah menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, mulai dari menjaga jarak – tapi, sayangnya kondisi pandemi masih belum bisa teratasi. Masyarakat masih harus menjalani kondisi tak pasti seperti ini.

Situasi tersebut dapat menimbulkan caution fatigue­ – di mana seseorang kehilangan sensitivitas dan perasaan urgensi dalam mempraktikkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Seseorang yang mengalami ini juga punya keinginan kuat untuk bepergian dan berkumpul dengan orang lain.

Perasaan lelah – yang berujung pada caution fatigue, disebabkan oleh kelelahan yang dialami selama pandemi. Mengingat, sudah hampir setahun lamanya masyarakat berada dalam kondisi tak menentu ini.

Protokol kesehatan yang dilakukan secara terus menerus, terlebih hal ini bukanlah yang disukai – dapat menimbulkan burnout atau kelelahan. Meski tak semua orang merasakan caution fatigue, tetapi hal ini wajar dialami.

 

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Caution Fatigue Rentan Dialami, Kenali Cara Mengatasinya / Credit: money.kompas.com

Apakah kamu merasakan caution fatigue? Atau punya keinginan untuk bepergian ke luar rumah serta berkumpul dengan anggota keluarga atau teman-teman? Keinginan ini perlu ditahan dahulu – sebagai alternatif, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan lainnya yang dapat bantu atasi caution fatigue.

Berikut ini di antaranya.

Lakukan Virtual Meeting

Buat agenda untuk bertemu dengan keluarga dan teman – via video call. Hal ini bisa mengobati rasa jenuh dan bosan yang kerap dialami.

 

Lakukan Hobi

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan hobi yang mungkin sudah lama tak dilakukan. Misalnya, berkebun, membuat kue, memasak, atau hobi lain yang kamu sukai.

 

Quality Time Bersama Keluarga

Selama pandemi dan lebih sering berada di rumah saja merupakan keuntungan lain yang bisa dimiliki – dengan begitu, kamu bisa habiskan waktu lebih banyak bareng keluarga. Manfaatkan waktu ini untuk quality time, misalnya berolahraga bersama atau menonton film.

 

Jangan Lupa Bersyukur Ya!

Ingat, kamu perlu selalu bersyukur – sebab, kamu dan keluarga masih terus diberi kesehatan, bisa bekerja dan beraktivitas di rumah. Dengan sering bersyukur, kamu pun lebih merasa lega dan caution fatigue bisa segera teratasi.

 

 

 

Yuk, Tetap Lakukan Protokol Kesehatan

Perangi rasa jenuh yang kamu alami – lalu, tetap terapkan protokol kesehatan yang berlaku, yaitu:

  • Mencuci tangan
  • Menggunakan masker
  • Menjaga jarak

Ketiga poin tersebut sangat penting sebagai upaya pencegahan penularan virus. Dan, jaga selalu kesehatanmu dan keluarga dengan menjalani pola hidup sehat – hal ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang virus penyebab penyakit.

Pola hidup sehat – meliputi mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, istirahat yang cukup, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, hingga mengelola stres dengan baik.

Disarankan pula mengonsumsi multivitamin – agar kesehatan makin terjaga secara optimal. Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C setiap hari.

Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan yang baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal – khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah makanan menjadi energi tubuh.

 

 

 

Jika kamu alami caution fatigue – segera lakukan tips di atas untuk mengatasinya. Jangan sampai lengah dan tak menerapkan protokol kesehatan, sebab hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penularan virus.

 

Featured Image - thehappydemic.com.au

Source - klikdokter.com