Untuk kamu fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan – tak perlu berkecil hati, atau takut sulit mendapat pekerjaan ya! Sebab, 5 tips berikut ini bisa bantu kamu biar cepat dapat kerja, lho.

Biar nggak penasaran, langsung simak ulasannya di bawah ini ya.

 

 

 

Sebagai seorang fresh graduate, kamu pasti ingin segera mendapatkan pekerjaan impian ya? Meski demikian, tidak semua orang bisa memperoleh kesempatan ini dengan mudah. Tapi, kamu nggak perlu minder atau berkecil hati – karena, 5 tips berikut ini bisa bantu kamu biar segera dapat pekerjaan.

Apa saja tipsnya? Ini dia ulasan lengkapnya.

 

5 Tips Mudah Dapatkan Kerja Untuk Fresh Graduate

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Mudah Dapat Kerja! / Credit: qerja.com

Sertakan Semua Pengalaman

Untuk kamu fresh graduate yang sudah pernah bekerja atau magang – coba sertakan semua pengalaman kamu di CV ya. Tapi, untuk kamu yang belum memiliki pengalaman tersebut, kamu bisa tuliskan semua pengalaman berorganisasi.

Poin yang mesti kamu ingat – yaitu, hindari menyunting CV berlebihan ya. Karena, hal ini justru membuat perusahaan jadi ragu. Terlebih, jika kamu tak mampu menjelaskannya dengan baik ketika interview kerja.

 

Kenali Apa yang Diinginkan

Yang ini juga penting kamu perhatikan – ketahui dahulu minat dan pekerjaan yang kamu inginkan. Dengan demikian, kamu bisa mempersiapkan hal yang dibutuhkan untuk mendapat pekerjaan tersebut.

Untuk itu, menyiapkan diri secara matang sebelum memasuki dunia kerja – sangatlah penting!

 

Perluas Kenalan

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Mudah Dapat Kerja! / Credit: blog.roomme.id

Cara paling efektif untuk meningkatkan karier fresh graduate, yaitu dengan memperluas kenalan. Kalau kamu sudah memiliki networking yang baik, maka peluangmu untuk mendapat pekerjaan pun akan lebih mudah ya.

Tapi, bagaimana caranya agar punya networking yang baik? Kamu bisa bergabung dalam berbagai komunitas, misalnya yang ada di kampus.

 

Gunakan Media Sosial

Di zaman serba teknologi ini, sepertinya sudah hampir semua perusahaan memanfaatkan media sosial dan melihat calon karyawannya di platform tersebut. Jadi, selalu bersikap bijak dalam menggunakan media sosial ya!

Sebab, hal tersebut juga termasuk sebagai hal penting yang dijadikan bahan pertimbangan oleh perusahaan, lho.

 

Bersikap Strategis

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Mudah Dapat Kerja! / Credit: rimma.co

Kalau kamu sudah mendapat pekerjaan pertama – cobalah untuk bersikap strategis. Pekerjaan pertama ini merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan karier kamu kedepannya.

Di sini, kamu bisa eksplor lebih jauh pekerjaan pertamamu. Hal ini dapat membantu kamu memahami minat – dan kamu pun tahu bidang apa yang jadi kelebihan dan kelemanmu. Jadikan pengalaman pertama ini sebagai pelajaran yang baik untuk membangun kariermu ya.

 

 

 

Jadi, tunggu apa lagi? Untuk kamu fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan – kamu bisa coba terapkan kelima tips tersebut ya. Selamat mencoba!

 

Featured Image - bikincv.com